Buka Gelar Operasional, Kapolda Sumsel: Tahapan Pemilu Berlanjut, Deteksi Setiap Potensi Gangguan Keamanan

69

PALEMBANG, BERITAANDA – Kapolda Sumatera Selatan Irjen A. Rachmat Wibowo SIK memimpin gelar operasional bersama jajaran, bertempat di lantai 7 Mapolda Sumsel, Jumat (12/1/2024).

Dalam kegiatan yang mengusung tema ‘Polda Sumsel siap mengamankan tahapan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024 tersebut’, diikuti unsur pimpinan Polda dan Kapolres jajaran di Polda Sumsel.

Irjen A. Rachmat Wibowo mengawali evaluasinya terkait dua operasi yang dilakukan pada akhir 2023, yakni Operasi Mantap Brata tentang pengamanan Pemilu yang berlanjut pada tahun 2024, dan Operasi Lilin 2023 tentang pengaman Natal dan Tahun Baru 2024 lalu.

Rachmat Wibowo mengatakan, pengamanan Pemilu yang sudah dimulai sejak tahun sebelumnya, nilainya berjalan dengan baik.

Namun ia mengingatkan jajarannya dengan semakin dekatnya kampanye terbuka dan waktu pemungutan suara, maka pengamanan perlu ditingkatkan dari semua lini dan aspek, termasuk koordinasi dengan stakeholder.

“Pengamanan pada tahun 2023 saya nilai berjalan dengan baik, kedepan tantangannya akan semakin kompleks. Sebentar lagi akan masuk jadwal kampanye terbuka, artinya potensi gangguan kamtibmas juga meningkat. Oleh karenanya, saya ingatkan seluruh jajaran, gerak, deteksi dan kenali seluruh potensi gangguan untuk dilakukan antisipasinya, mengawal tahapan ini agar berjalan dengan aman,” ujar dia.

Terkait pendistribusian logistik Pemilu, alumni Akpol 1993 tersebut memberikan atensi pengawalan dan pengamanannya untuk memastikan seluruh logistik Pemilu dalam kondisi aman.

“Lakukan koordinasi dengan penyelenggara Pemilu, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum, berikan pengawalan dan pengamanan pendistribusian logistik Pemilu, pastikan keamanannya,” tegas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda