Buka Bulan Bakti dan HUT Karang Taruna ke-63, Ini Kata Gubernur Arinal

51

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka acara Bulan Bakti Karang Taruna Tingkat Provinsi Lampung sekaligus HUT Karang Taruna ke-63, bertempat di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, Selasa (3/10/2023).

Pada kesempatan itu, Gubernur minta para kader Karang Taruna berdedikasi dan ikut serta dalam membangun Provinsi Lampung yang dinamis, serta terus berkembang mengikuti perubahan zaman.

“Sebagai agen perubahan untuk pemuda Lampung, Karang Taruna hendaknya dapat memberdayakan para pemuda untuk terus berkarya dan mengasah kreatifitas dengan memaksimalkan potensi yang ada. Jadikan generasi muda kita generasi yang produktif, terampil, responsive dan berdaya guna bagi diri dan lingkungannya,” ujar Gubernur Arinal.

Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, Gubernur Arinal mengapresiasi kegiatan ini, karena dapat mempererat tali persaudaraan dan ajang silaturahmi antar pengurus Karang Taruna.

“Saya juga mengucapkan selamat memperingati Hari Ulang Tahun Karang Taruna ke-63, semoga dapat menjadi motivasi bagi kita semua, khususnya anggota Karang Taruna untuk memiliki jiwa pemimpin, jiwa sosial, peduli dan peka terhadap lingkungan sekitar, serta tanpa mengenal lelah mengabdi untuk Provinsi Lampung,” ujar Gubernur Arinal.

Sebagai organisasi sosial kepemudaan, jelas Gubernur Arinal, Karang Taruna menjadi wadah pembinaan dan pengembangan serta pendayagunaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi produktif dengan pendayagunaan, serta potensi yang tersedia dilingkungan, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada.

“Karang Taruna adalah salah satu motor penggerak pemuda dalam pembangunan kesejahteraan sosial di tingkat desa/kelurahan yang berada di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di Provinsi Lampung,” katanya.

Arinal menilai, Karang Taruna juga memiliki peranan yang cukup besar dalam pembangunan masyarakat. Oleh karena itu untuk dapat meningkatkan potensi dan peran aktif Karang Taruna diperlukan upaya pengembangan jaringan komunikasi, kerjasama, sinergi dan kolaborasi antar Karang Taruna, khususnya dalam lingkup wilayah provinsi.

“Insya Allah saya juga mempunyai suatu program bagaimana Karang Taruna menjadi penggerak, tidak hanya dalam semangat kerja tetapi juga bagaimana meningkatkan ekonomi kerakyatan di desa. Yakni melalui BUMDes yang sudah saya galakan, bahwa BUMDes akan menjadi suatu program strategis dalam membangun ekonomi kerakyatan,” ujarnya.

Gubernur mengakui dirinya kembali diberikan kesempatan untuk dapat menikmati suguhan alam dari Pesisir Barat.

Dengan semangat ‘Helauni Kikbakhong’, Pesisir Barat terus membuktikan dengan berbagai prestasi mulai dari perolehan tiga kali berturut-turut Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Lampung, hingga penghargaan dari Kemendikbud Ristek sebagai ‘Pemda Inspiratif dalam Transformasi Anggaran dan Regulasi’ pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023.

“Tentunya capaian ini dapat diraih karena dukungan dari sumber daya manusia yang dapat    memanfaatkan sumber daya  alam dengan baik. Dan saya yakin, Karang Taruna menjadi salah satu penyokong dari berbagai capaian dari Pesisir Barat. Hal ini dikarenakan Karang Taruna menjadi tempat generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan juga rasa tanggung jawab,” jelasnya. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda