BNNP Sumsel: Teluk Gelam OKI Layak Jadi Balai Rehabilitasi Narkoba

51

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan (BNNP Sumsel) Brigjen Pol. Djoko Prihadi SH MH menyebut kawasan Danau Teluk Gelam OKI layak menjadi balai rehabilitasi narkoba di Sumatera Selatan.

Dia menyampaikan, selama ini upaya hukuman penjara bagi pecandu tidak menjadi pembelajaran positif, yang ada menjadi semakin bertambah ketika selepas menjalani masa tahanan.

“Kita telah melakukan assessment beberapa kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Hasil sementara ini, Kabupaten OKI yang paling siap untuk memiliki balai rehabilitasi narkoba,” kata Djoko saat beraudiensi dengan Bupati OKI H. Iskandar SE di Kayuagung, Senin (25/7).

Dia menyampaikan, melalui balai rehabilitasi narkoba diharapkan dapat memenuhi asas keadilan bagi korban penyalahgunaan narkoba lewat pembinaan, agar terlepas dari ketergantungan barang haram tersebut.

“Mudah-mudahan kerjasama ini bisa mengajak seluruh elemen masyarakat, bersama-sama untuk memerangi narkoba serta menyelamatkan generasi muda,” tandasnya.

Sebelumnya, Bupati Iskandar menyambut baik dipilihnya Ogan Komering Ilir sebagai balai rehabilitasi narkoba di Provinsi Sumatera Selatan. Menurut dia, hadirnya balai rehabilitasi narkoba sebagai bentuk implementasi dari konsep keadilan restorasi.

“Ancaman narkoba di era modern saat ini semakin dahsyat. Sebagian besar pengguna narkoba adalah pelajar dan kaum muda yang masih berusia produktif. Mereka harus segera diselamatkan,” kata Bupati Iskandar.

Bagi Bupati Iskandar, balai rehabilitasi narkoba menjadi sarana pemulihan yang tepat untuk mereka yang menghadapi ketergantungan narkoba.

“Saya yakin balai rehabilitasi ini dapat mengurangi dampak ketergantungan narkoba,” ujarnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda