‘Blangikhan’ Ritual Budaya Warisan Leluhur Lampung dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan

26

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – ‘Blangikhan’ merupakan ritual yang secara turun-menurun diwariskan oleh leluhur masyarakat Lampung, dimana di dalamnya mengandung makna yang sangat  dalam dan merupakan pelajaran berharga bagi generasi penerus [muda].

Blangikhan juga merupakan pertunjukan budaya guna menunjang tumbuh kembangnya pariwisata Provinsi Lampung serta untuk melatih diri saat memasuki bulan suci Ramadhan.

Untuk itulah, Pemerintah Provinsi Lampung bersama Lampung Sai ikut andil melestarikan budaya tersebut dalam menyambut Ramadhan 1442 Hijriah dengan menggelar Blangikhan di Bumi Kedaton Resort, Rabu (7/4).

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mewakili Gubernur Arinal pada kesempatan tersebut mengatakan, kita harus berupaya membersihkan lahir bathin agar nilai-nilai yang terkandung dalam bulan puasa dapat diperoleh dengan sebaik-baiknya.

“Proses mandi di kolam atau sungai merupakan simbol kebersihan jasmani dan rohani kita,” jelas dia.

“Saya berharap agar ritual-ritual dan tradisi Blangikhan hanya sebagai simbol untuk mensucikan hati, sebagai bekal memasuki bulan puasa, sehingga dapat menjalankan ibadah dengan lancar dan khusyuk tiada aral dan rintangan, sekaligus dalam rangka melestarikan budaya Lampung agar tidak punah dimakan zaman,” tambah sekda.

Kata dia lagi, mensucikan diri menyambut bulan suci Ramadhan tidak hanya membersihkan badaniah saja, tapi lebih berorientasi kepada mensucikan diri dan hati seperti rasa iri, dengki, benci dan sombong, rasa dendam pada seseorang, mensucika harta yang kita miliki dengan mengeluarkan zakat fitrah dan    sedekah, serta melengkapinya dengan melakukan permohonan maaf kepada kedua orangtua, saudara kandung, kerabat, karena kita tak pernah luput dari kesalahan.

“Oleh karena itu, saya mengajak bapak maupun ibu sekalian, untuk menyambut bulan suci Ramadhan dengan hati yang bersih dan ikhlas, sehingga dapat beribadah dengan khusyuk dan lancar,” pungkasnya.

Hadir pada kegiatan tersebut Duta Besar Berkuasa Penuh RI untuk Kroasia Komjen Pol Sjachroedin ZP selaku Ketua DPP Lampung Sai, Ketua Umum DPD Lampung Sai Ricko Menoza, Forkopimda Provinsi Lampung, serta pejabat di lingkungan Pemprov Lampung. [Katrine]

Bagaimana Menurut Anda