Berkat Program Beasiswa Terhadap Pelajar dan Mahasiswa, IPM di PALI Naik dari Tahun Sebelumnya

110

PALI, BERITAANDA – Melalui program pemberian beasiswa terhadap pelajar dan mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berprestasi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) naik dari tahun sebelumnya.

Dimana dari data Badan Pusat Statistik (BPS) IPM PALI tahun 2021 sebesar 64,88 persen, maka tahun 2022 naik menjadi 67,75 persen.

Naiknya IPM di PALI terungkap saat Pemerintah Kabupaten PALI melalui Bappeda bekerjasama dengan Dinas Pendidikan menggelar diskusi dan brain storming dengan tema ‘tips dan jurus jitu masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama’.

Kegiatan tersebut dibuka Bupati PALI Dr. Ir H. Heri Amalindo MM melalui Asisten 1 H. Andre Fajar Wijaya dengan mengambil lokasi di Gedung Arsendora Kompleks Pertamina Pendopo, Senin (30/10/2023).

“Pemerintah telah berupaya meningkatkan kualitas SDM melalui dunia pendidikan dengan berbagai cara, salah satunya dengan program pemberian beasiswa bagi siswa juga mahasiswa kurang mampu yang berprestasi asal PALI,” ungkap Andre saat menyampaikan sambutan dari Bupati PALI.

Upaya itu, diakui Asisten 1, telah berhasil menaikkan IPM serta meningkatkan sumber daya mutu dan dapat memacu semangat belajar bagi anak-anak untuk terus mengejar prestasi setinggi mungkin agar cita-citanya tercapai.

“Pemberian beasiswa ini juga diberikan kepada mahasiswa yang tengah belajar di perguruan tinggi kedinasan STAN dan STTD, juga beasiswa kerjasama dengan Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan IPB. Hal ini agar anak-anak kita terpacu untuk mengejar prestasi,” imbuhnya.

Disamping itu, pemberian beasiswa tersebut, dijelaskan Andre, agar menjadi penyemangat anak-anak PALI agar bisa menyelesaikan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi hingga lulus. Sebab, di era globalisasi seperti sekarang ini persaingan dalam dunia kerja sangat ketat.

“Dengan menyelesaikan pendidikan tinggi menjadi keunggulan tersendiri dalam bersaing di pasar kerja yang semakin kompetitif. Seseorang dengan latar belakang pendidikan tinggi cenderung lebih mudah untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi dan dapat memperoleh peluang karir yang lebih baik. Atas dasar itu, pemda terus mendorong anak-anak di PALI untuk terus melanjutkan pendidikannya hingga perguruan tinggi,” jabarnya. (AMD/ADV)

Bagaimana Menurut Anda