Bekerjasama dengan Puskesmas Pangkalan Lampam, TP PKK Desa Riding Sosialisasikan Taman Toga serta PHBS ke Seluruh Sekolah

451

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Dalam perannya sebagai mitra pemerintah, berbagai kegiatan terus dilakukan oleh Tim Penggerak (TP) PKK Desa Riding Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan.

Kali ini, TP PKK Desa Riding bekerjasama dengan Puskesmas Pangkalan Lampam mensosialisasikan taman tanaman obat keluarga (toga) serta pola hidup bersih dan sehat (PHBS) ke seluruh sekolah yang ada di desa mereka, Selasa (11/2/2020).

“Di SD Riding Dusun Pangkal Jerambah, bersama Pokja 3 dan 4, kita sosialisasikan toga. Dilanjutkan penyuluhan PHBS yang disampaikan Kepala Puskesmas Pangkalan Lampam, Bapak Sunadi, SKm,” kata Ketua TP PKK Desa Riding Hj. Imas Maslihah, Kamis (13/2/2020).

Usai di sekolah, kami melanjutkan kegiatan penyuluhan PHBS dan pengobatan gratis bagi seluruh warga Dusun Pangkal Jerambah Desa Riding. Kata Imas lagi, ini sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian, agar masyarakat tahu pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.

“Keesokan harinya, Rabu (12/2/2020), selain di SD Negeri berada di Dusun 1 Desa Riding, bekerjasama dengan BKKBN, Puskesmas Pangkalan Lampam, kita kunjungi MTS Ar-Rahman, meminta izin ke pihak sekolah agar diberi waktu untuk laksanakan kegiatan sosialisasi,” tandas Imas.

Dalam kunjungan di MTS Ar-Rahman, selain sosialisasikan toga, kita juga sampaikan beberapa program yang akan dilaksanakan di sekolah tersebut. Masih kata Imas, yaitu pemberian motivasi serta pembekalan untuk siswa kelas 3 yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

“PKK bekerjasama dengan BKKBN akan memberikan penyuluhan tentang bahaya pergaulan bebas dan cegah nikah usia dini sebagai bagian dari program cegah stunting. Juga bekerjasama dengan Puskesmas Pangkalan Lampam akan memberikan penyuluhan tentang PHBS,” ujar dia.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di lapangan, dalam setiap kunjungan Tim PKK Desa Riding sosialisasikan toga, dari Pokja 3 Ny. Emilda berikan pemaparan tentang kelengkapan toga. Sedangkan dari Pokja 4, Ny. Yusmira Depi (bidan desa), memaparkan tentang manfaat beberapa macam tanaman obat. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda