Antisipasi Kejadian Makassar, Polres Sekadau Perketat Pam Misa Gereja

37

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Mengantisipasi tindak pidana terorisme, Polres Sekadau melakukan pengamanan ketat jalannya misa minggu palma jelang paskah umat Kristen di gereja-gereja.

Pengamanan dipimpin langsung Kapolres Sekadau AKBP Kayuswan Trie Panungko SIK MM, Ahad (28/3) sore.

Sejumlah aparat kepolisian dan TNI terpantau siap siaga melaksanakan pengamanan jalannya peribadatan yang dilaksanakan secara terbuka maupun tertutup.

Kapolres Sekadau AKBP Kayuswan Trie Panungko sebelumnya kepada BERITAANDA menyatakan keprihatinan atas kejadian di Gereja Katedral Makassar, Ahad pagi.

“Terkait antisipasi, sudah secara rutin menempatkan personel dalam kegiatan ibadah-ibadah keagamaan,” kata Kayuswan.

Meski demikian, ia menyatakan dengan adanya kejadian di Makassar, pihaknya memperketat dan menambah jumlah personel pengamanan di tempat-tempat ibadah umat Kristiani. Terlebih, saat ini dilangsungkan misa umat Kristiani sampai dengan perayaan paskah awal April mendatang di gereja – gereja wilayah Sekadau.

“Saya juga sudah memerintahkan para Kapolsek jajaran untuk monitor dan mengamankan rangkaian ibadah menjelang paskah di desa-desa,” tegas Kapolres.

Tak main-main, Polres Sekadau menerjunkan dua per tiga jumlah personelnya yang berkekuatan 200 personel. Tak hanya itu, perwira menengah Polri itu menyatakan akan berkoordinasi dengan pengurus gereja.

“Kita sarankan agar panitia misa atau pihak gereja menutup pintu-pintu akses, jadi hanya satu pintu sementara dipergunakan, supaya mempermudah pengawasan,” papar Kapolres. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda