245 Guru TPA se-Kecamatan Muara Enim Terima Zakat Mal

198

MUARA ENIM, BERITAANDA – Sebanyak 245 guru TPA se-Kecamatan Muara Enim menerima zakat mal dari Badan Amil Zakat Nasional (Basnaz) Kabupaten Muara Enim, bertempat di Masjid Babusalam Islamic Centre, Senin (26/8/2019).

Ketua Basnaz Kabupaten Muara Enim Syachril SH M.Si, Mhi mengatakan, bahwa setiap tahun pihaknya menganggarkan 1/8 dana yang terkumpul di Baznas atau sekitar Rp100 juta lebih adalah untuk  fisabililah.

Tahun ini, lanjut dia, belum bisa untuk mencukup keseluruhannya, dan baru bisa mendistribusikan untuk guru mengaji di TPA/TPQ. Padahal keinginan kami, seluruh guru-guru honor agama bisa diberikan haknya fisabililah.

“Sejauh ini, Baznas Muara Enim sudah lebih baik, namun Baznas lain sudah banyak mengumpulkan zakat di atas Rp10 miliar per tahun, ini karena ada perda atau perbup yang mengaturnya. Saya harapkan di Muara Enim itu ada,” ungkapnya.

Kinerja Baznas Muara Enim selama empat tahun, sambung Syachril, sudah melakukan bedah rumah sebanyak 26 rumah. Bahkan bukan bedah, tetapi membangunnya dari awal. Kemudian membangun 100 jamban untuk warga miskin, memberikan beasiswa, program satu keluarga satu sarjana dan sebagainya.

“Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para muzaki dan instansi yang telah berzakat, semoga menjadi amal jariah dan bermanfaat bagi yang menerimanya,” harap dia.

Sementara itu Bupati melalui Plh Kabag Kesra Pemkab Muara Enim Indra Yadi mengatakan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Baznas telah mencanangkan beberapa program, salah satunya yaitu penyaluran dana zakat harta kepada asnaf fisabilillah di wilayah Kecamatan Kota Muara Enim.

“Hal ini merupakan sebuah terobosan yang sangat membanggakan, sebab memerlukan kerja keras serta dukungan dari semua pihak, baik dari pengurus Baznas itu sendiri maupun dari pihak-pihak lain, terutama sekali dari para muzakki dan munfiq,” kata dia.

Lanjut dia, Pemerintah Kabupaten Muara Enim menyambut baik serta memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengurus Baznas atas program-program yang telah terencana dengan baik.

“Semoga kegiatan-kegiatan yang menyentuh langsung kepada masyarakat yang kurang mampu seperti ini terus digalakkan dan dikembangkan, sehingga dapat sedikit membantu meringankan beban ekonomi bagi saudara-saudara kita yang tergolong asnaf fisabililah, yang telah melindungi dan memelihara agama serta meninggikan kalimat tauhid, berdakwah, berusaha menerapkan hukum Islam, menolak fitnah-fitnah yang ditimbulkan oleh musuh-musuh Islam, membendung arus pemikiran-pemikiran yang bertentangan dengan Islam,” tegasnya.

“Untuk itu, saya berharap kita semua agar dapat menyisihkan sedikit dari rezekinya untuk berzakat dan berinfaq. Karena selain sebagai ibadah, zakat juga dapat berfungsi sebagai sarana perwujudan solidaritas sosial, pengentasan kemiskinan, pembiayaan pendidikan, pertolongan terhadap orang-orang yang menderita dan orang-orang dhuafa, serta kegiatan sosial Iainnya,” pungkas dia. (Angga)

Bagaimana Menurut Anda