2 Orang Pecandu Narkotika Ini Akan Jalani Rehabilitasi Rawat Inap

1126

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Dua [2] orang pecandu narkotika asal Desa Serdang Menang Kecamatan SP Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) akan jalani rehabilitasi rawat inap di IPWL Cahaya Putra Selatan dan IPWL Bina Sriwijaya Persada Palembang.

Wanita berinisial A (23) dan pria berinisial R (43) ini, adalah klien rehabilitasi limpahan dari Satnarkoba Polres OKI. Kedua warga Desa Serdang Menang tersebut diserahkan kepada Seksi Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) OKI, Kamis (2/12).

“Dengan mengikuti program rehabilitasi ini, diharapkan keduanya nanti dapat pulih produktif dan dapat berfungsi sosial kembali ke masyarakat,” ujar Kepala BNNK OKI AKBP H. Gendi Marzanto SH MH, Jumat (3/12).

Diharapkan juga, kedua warga ini dapat terus mengikuti program pasca rehabilitasi atau rawat lanjut untuk tetap menjaga kepulihannya. Lanjut dia, pelaksanaan rehabilitasi pengguna narkotika ini juga merupakan amanat dari UU Nomor 35 Tahun 2009.

“Yang mana para pencandu atau pengguna narkotika wajib untuk direhabilitasi. Kita sudah laksanakan assessment bagi kedua orang warga SP Padang ini, dan hasilnya memang pengguna narkotika, didukung hasil test urine positif mengandung narkotika,” ungkap dia.

Kemudian, setelah di assessment tingkat kecanduan narkotika kedua orang tersebut, maka diputuskan menindaklanjuti dengan pelaksanaan rehabilitasi rawat inap. Sambung dia, keduanya kita kirim ke panti rehabilitasi di Palembang untuk dirawat inap.

“Perlu diketahui, untuk metode rehabilitasi ini ada yang rawat jalan dan rawat inap. Tentunya dengan menilai dari tingkat ketergantungan orang tersebut, yang diputuskan dari hasil assessment oleh para assesor,” pungkas dia. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda