Wagub Chusnunia Buka Rakorwil APKASI Korwil Lampung

18

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia, membuka rapat koordinasi wilayah Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) koordinator wilayah Lampung, di Rumah Dinas Bupati Nuwo Balak, Rabu (25/5).

APKASI merupakan wadah kerjasama antar pemerintah daerah kabupaten untuk mewujudkan penyelenggaraan otonomi daerah yang luas, nyata dan bertanggung jawab guna pencapaian tujuan nasional dalam kerangka Negara Republik Indonesia.

Melalui rakorwil APKASI Provinsi Lampung ini, Wakil Gubernur Chusnunia berharap dapat meningkatkan kerjasama semua pihak dan stakeholder, khususnya dalam pembangunan di kabupaten.

“Kegiatan rakor ini sebagai ruang untuk meningkatkan hubungan antar anggota dan membangun relasi, karena dalam menjalankan pembangunan membutuhkan dukungan dari seluruh pihak,” kata Wagub.

Ia juga berharap, kegiatan ini dapat menghasilkan serta menyusun program-program yang menjadi solusi atas persoalan-persoalan yang ada di kabupaten.

Wakil Gubernur juga menjelaskan, saat ini berbagai kegiatan berskala nasional diselenggarakan di Provinsi Lampung.

Pada tanggal 27 – 29 Mei 2022, Kota Bandar Lampung akan menjadi tuan rumah dari penyelenggaraan hari ulang tahun APEKSI nasional yang akan melibatkan 98 walikota dari seluruh Indonesia.

Maksud dari kegiatan tersebut yakni akan memberikan dampak positif bagi promosi potensi wilayah kabupaten maupun penambahan nilai ekonomis bagi masyarakat.

Terkait pandemi, Wagub Chusnunia mengatakan bahwa tahun 2022 ini merupakan momentum seluruh daerah untuk bangkit dan pulih bersama, setelah mengalami keterpurukan di berbagai bidang, guna mewujudkan Lampung Berjaya.

“Kita patut berbangga hati punya pemimpin-pemimpin yang tangguh di tengah masa sulit dalam menghadapi pandemi, dan kita berhasil melewatinya dengan sangat baik,” ujarnya

Sementara itu, Ketua Umum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang juga merupakan Bupati Dharmasraya dalam sambutannya menyampaikan bahwa APKASI merupakan wadah untuk memberikan solusi terhadap berbagai persoalan yang dihadapi oleh daerah kabupaten.

Sutan Riska berharap, rakor ini dapat memberikan manfaat positif bagi para anggotanya serta menghasilkan kesimpulan yang baik untuk dibawa ke rakernas APKASI pada bulan Juni mendatang di Bogor untuk kemudian diserahkan kepada Presiden RI.

Ketua Umum APKASI juga mengingatkan kembali pesan dari Presiden Joko Widodo untuk segera memasukkan produk lokal atau dalam negeri ke dalam e-katalog, karena dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia, baru 46 daerah yang melaksanakannya.

Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad, yang juga merupakan Koordinator APKASI Wilayah Lampung menjelaskan bahwa rakorwil ini sebagai ajang silaturahmi, saling berbagi ilmu informasi dan pengalaman untuk mengisi pembangunan di masing-masing daerah yang diharapkan dapat melahirkan ide dan usulan terkait kepentingan daerah masing-masing untuk kemudian disampaikan kepada pemerintah pusat. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda