Waduh! Oknum PNS Pemkot Sidimpuan Diduga Kuasai 6 Mobil Dinas Sekaligus

527
Ilustrasi.

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Salah satu oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Padangsidimpuan diduga menguasai enam [6] unit mobil dinas dan tidak sesuai peruntukkan yang semestinya.

“Infomasi yang berhasil dihimpun, sebagian aset Pemkot Padangsidimpuan yang dikuasai oknum PNS itu hingga kini tidak diketahui keberadaannya,” ungkap Aktifis Saut Maruli kepada BERITAANDA, Kamis (10/6), di Sidimpuan.

Dikatakannya, dari hasil penelusurannya sejauh ini, keenam unit mobil yang dibeli dari APBD Kota Padangsidimpuan tersebut dikuasai semenjak rotasi jabatan di lingkungan Pemkot Padangsidimpuan di penghujung tahun 2019 lalu.

“Artinya, keenam mobil plat merah itu sudah dia (oknum PNS) kuasai selama lebih kurang 1,5 tahun lamanya. Ini menjadi catatan buruk dan tidak pantas dilakukan oleh seorang abdi negara yang diikat sumpah,” kritisi Saut.

Ia pun mengisyaratkan, tindakan oknum tersebut dapat dikategorikan sebagai upaya menghambur-hamburkan uang negara. Memakai aset negara untuk kepentingan pribadi dan berpotensi mengambil keuntungan pribadi.

“Sudah berapa kerugian negara, kalau kita bicara jumlah angka yang harus dikeluarkan untuk biaya pemeliharaan mobil dinas itu. Terlalu jauh secara aturan, secara etika dan estetika sekalipun itu tak bisa ditolerir,” geram Saut.

Disinggung mengenai apa saja jenis mobil yang dikuasai, Saut menerangkan 2 unit diantaranya mobil minibus, 2 mobil sedan, dan 2 unit mobil lainnya jenis double cabin. “Keseluruhan unit ini beda-beda merek,” bebernya.

Sayangnya, siapa gerangan oknum PNS dimaksud, Saut menyatakan belum bisa memberitahukan. Ia beralasan masih harus merampungkan hasil investigasinya. “Pada saatnya nanti akan kita sampaikan ke publik,” tutupnya. [Anwar]

Bagaimana Menurut Anda