Uji Publik 3 Calon Maskot Pemilihan Kepala Daerah Sekadau 2020

383

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – 3 besar peserta sayembara calon maskot pemilihan Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Sekadau jalani uji publik. Tahap akhir seleksi ini dilaksanakan Senin (2/12/2019) pagi, di mess Pemda Sekadau.

3 peserta tersebut masing-masing Aurelianus Trijulpani (maskot buah Tengkawang), Leander Lesius (maskot buah Tengkawang) dan Yustiono Langgeng (maskot Tugu Cidayu). Sedangkan untuk 3 penguji masing-masing Abdurahman, H. Safawi dan Paulus Lion BA.

Ketiga peserta diberikan kesempatan masing-masing memaparkan maksud gambar serta penjelasan hal terkait.

Drianus Saban selaku Ketua Komisioner KPU Sekadau menjelaskan, maskot menjadi sarana bagi KPU untuk melaksanakan sosialisasi pemilihan.

“Maskot salah satu tanda atau bentuk identitas masyarakat Kabupaten Sekadau, selain itu bahwa kita akan melaksanakan pemilihan 2020,” ujar Saban.

Ia menjelaskan bahwa proses sayembara maskot cukup panjang. Pada awalanya, terdapat 15 peserta yang mengirimkan gambar ke KPU Sekadau. Kemudian tanggal 29 November lalu, KPU bersama tim penilaian memutuskan 3 gambar yang dinilai baik untuk diajukan dalam uji publik.

“Unsur-unsur kearifan lokal tak terlepas dari pertimbangan dalam penilaian maskot-maskot tersebut. Kemudian, maskot bersifat menarik dan mengajak orang untuk melakukan pemilihan. Pesannya adalah bahwa tanggal 23 September 2020 masyarakat bisa datang ke TPS. Intinya itu,” ungkap Saban.

Satu diantara 3 maskot yang mengikuti uji publik tersebut nanti akan dipilih sebagai maskot pilkada Kabupaten Sekadau tahun 2020. Maskot yang menjadi pemenang tersebut akan dikenalkan kepada masyarakat saat launching pilkada pada Januari 2020 mendatang.

“Para peserta punya kemampuan yang sama, kami sangat apresiasi. Tentu nanti penilaiannya berdasarkan masukan dan uji publik tadi. Siapa pun pemenangnya nanti, tentu mereka representatif masyarakat Sekadau, yang penting mengayomi semua orang di Kabupaten Sekadau,” tutur Saban. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda