TKA China Masuk RI Saat PPKM, Begini Tanggapan Mahasiswa dan Politisi Magelang

38

MAGELANG-JATENG, BERITAANDASebanyak 20 tenaga kerja asing (TKA) yang berasal dari China masuk ke Indonesia saat pemerintah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM menuai banyak reaksi masyarakat, khususnya di Kabupaten Magelang.

Ketua BEM Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), Muhammad Adnan Luthfi mengatakan, pemerintah hendaknya harus lebih bijak dalam mengambil keputusan.

“Pemerintah harus lebih bijak mengambil keputusan, hal tersebut meresahkan masyarakat terlebih saat ini banyak pekerja di Indonesia terkena dampak Covid 19,” kata Adnan pada BERITAANDA, Kamis (8/7).

Menurutnya, pemerintah harus bisa melihat kondisi masyarakat sekarang dalam menjalankan aktifitasnya sehari- hari.

Sementara itu, Ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Magelang, Ahmad Fauzi mengkritik kebijakan pemerintah yang meloloskan sejumlah TKA asal China untuk masuk ke wilayah Indonesia.

“Kebijakannya seharusnya menyeluruh dan sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan, jika dilihat dari kasus TKA ini kan justru menimbulkan banyak stigma bahwa kebijakan yang diambil pemerintah tidak menyeluruh,” tegas dia.

Selain itu dirinya mengatakan, TKA yang diizinkan masuk bisa berdampak pada tingkat kepatuhan masyarakat dalam mematuhi peraturan PPKM.

Dari kalangan politisi, Ketua DPD PKS Kabupaten Magelang menyesalkan TKA tersebut yang masuk ke Indonesia saat seperti ini.

“Saya menyesalkan hal seperti itu, karena pemerintah seperti tidak konsisten, harus ada penegakan disiplin aturan. Biasanya kepentingan mengendalikan jalannya strategi maupun aturan,” kata Abdul Aziz. [Faisal]

Bagaimana Menurut Anda