Tindaklanjuti Instruksi Presiden, Pemkab OKI Setarakan 390 Jabatan Struktural ke Fungsional

232
Wakil Bupati Ogan Komering Ilir, H.M. Dja'far Shodiq saat melantik 390 ASN hasil penyetaraan jabatan. [Sumber Foto Kominfo OKI]

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Penyederhanaan birokrasi menjadi dua level, merupakan salah satu dari lima program prioritas Presiden RI Joko Widodo, dalam periode keduanya pada tahun 2019 – 2024.

Guna mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir [Pemkab OKI] mulai melakukan penyederhanaan birokrasi dengan melantik 390 ASN hasil penyetaraan jabatan.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Ogan Komering Ilir, Maulidini, SKM dalam laporannya mengatakan, dasar pelantikan pada hari ini adalah Peraturan Menteri Pendayagunaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2021 tentang penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional.

“Total keseluruhan ada 390 pejabat administrator yang disetarakan menjadi jabatan fungsional. Penyederhanaan birokrasi ini bertujuan untuk menciptakan tata kelola pemerintah yang lebih lincah, efisien dan berorientasi pada hasil pelayanan,” terang Deni dalam laporannya.

Adapun peserta pelantikan jabatan fungsional ialah seluruh pejabat administrator kecuali sekretaris, dan seluruh pejabat pengawas kecuali Kasubag Umum dan Kepegawaian pada Dinas Penanaman Modal dan PTSP.

Kemudian seluruh pejabat pengawas pada setiap OPD kecuali pejabat pengawas di bawah sekretaris, seluruh pejabat pengawas pada sekretaris DPRD kecuali Kasubag Umum dan Kasubag Administrasi Keuangan, seluruh pejabat pengawas pada sekretaris daerah kecuali Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Bagian Perlengkapan, Bagian Umum serta Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan. Lalu seluruh pejabat pengawas pada kecamatan dan kelurahan.

Melalui penyetaraan jabatan struktural ke jabatan fungsional diharapkan mengubah kultur birokrasi menjadi lebih baik, pemangku jabatan fungsional juga memiliki motivasi lebih tinggi dalam meningkatkan keterampilan dan cepat beradaptasi dengan gagasan dan inovasi yang bermanfaat.

Wakil Bupati Ogan Komering Ilir, H.M. Dja’far Shodiq saat memberikan sambutan. [Sumber Foto Kominfo OKI]
Wakil Bupati Ogan Komering Ilir, H.M. Dja’far Shodiq dalam sambutannya mengatakan, penyederhanaan birokrasi ini bertujuan agar proses pelayanan bisa lebih cepat, ringkas dan transparan.

“Perubahan itu pasti terjadi, baik perubahan organisasi maupun perubahan tatanan kehidupan, untuk itu saya berpesan agar saudara-saudara dapat menjadi ASN yang kuat dan unggul menyesuaikan diri pada setiap perubahan. Bangun komitmen dan jaga integritas, loyalitas dan disiplin, sehingga siap dan tangguh di era revolusi 4.0 saat ini, termasuk perubahan perilaku kerja sejak pandemi Covid-19 yang memaksa kita menerapkan transformasi digital secepat mungkin dalam berbagai aspek kehidupan dan bekerja ASN,” jelasnya.

Wabup Shodiq juga menyampaikan selamat bagi para pejabat fungsional yang telah dilantik hari ini, dan berharap akan dapat menjalankan amanah dengan profesional.

Wabup Shodiq menegaskan pelantikan ini adalah kesempatan untuk bisa mengembangkan kemampuan sesuai bidang keahlian masing-masing. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda