Tim PTP2WKSS Provsu Kunjungi Desa Binaan Aek Pardomuan

354

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Tim Evaluasi Desa Binaan Program Terpadu Pening­katan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (PTP2WKSS) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) datang berkun­jung ke Desa Aek Pardomuan Kecamatan Angkola Sangkunur, Sabtu (30/11/2019).

Ketua Tim selaku Wakil Sekretaris PKK Provsu M. Nirman Subkhan Nasution mengatakan, PTP2­WKSS adalah program peningkatan peran perempuan yang mempergunakan pola pendekatan lintas bidang pembangunan, secara terkoordinasi dengan upaya terarah untuk meningkatkan kesejahte­raan keluarga guna mencapai tingkat hidup berkualitas.

“Program ini diharapkan dapat mempercepat upaya peningkatan kualitas hidup perempuan melalui kegiatan penyuluhan pengetahuan, keterampilan dasar, kegiatan sosial hingga mampu berkontribusi dalam mewujudkan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan keluarga, serta peran optimal dalam pembangunan,” terang Nirman.

Sementara Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu mengatakan, kunjungan tim ini adalah untuk melihat sudah sejauh mana secara hukum program terpadu dalam Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di Desa Aek Pardomuan, yang mewakili kabupaten/kota di tingkat provinsi.

“Program terpadu seperti ini adalah bagian kesungguhan dari pemerintah. Dimana sering disampaikan, 10 program pokok PKK sudah berjalan dengan baik karena pemerintah sudah banyak membantu. Apalagi tujuan pemerintah bermuara ke peningkatan kesejahteraan, derajat kesehatan dan lainnya,” terang Syahrul.

Kemudian, lanjut bupati, dalam setiap APBD yang bersentuhan dengan tupoksi masing-masing OPD, Pemkab Tapsel mewajibkan yang sifatnya memotivasi PKK agar sukses. Mulai dari tingkat kabupaten hingga ke tingkat desa.

Pada tahun 2018 dan 2019 dari meningkatnya peranan wanita dari 10 program PKK, Tapsel sudah keluar dari garis kemiskinan, tidak lagi 2 digit tapi sudah 1 digit, sehingga mendapat insentif daerah dari pemerintah. Tidak banyak daerah di Sumut yang garis kemiskinannya turun di bawah 10 persen, tapi Tapsel sanggup.

“Itulah salah satu upaya Pem­kab Tapsel bersama masyarakat untuk penanggu­langan kemiskinan melalui peningkatan peran perempuan dalam pemba­ngunan, yaitu melalui program terpadu PTP2­WKSS,” ungkap Syahrul.

Ditambahkannya, program-program tersebut merupakan upaya untuk mengembangkan SDM dan SDA serta ling­kungan untuk mewujudkan dan mengem­bangkan keluarga sehat, sejahtera, dan ba­hagia untuk pembangunan masyarakat de­ngan perempuan sebagai penggeraknya.

Sebelumnya, Camat Angkola Sangkunur M. Thohir Pasaribu mengucapkan selamat datang kepada tim evaluasi desa binaan PTP2WKSS Provsu di Desa Aek Pardomuan. Juga ucapan yang sama kepada Bupati Tapsel yang telah menetapkan Desa Aek Pardomuan sebagai desa binaan kategori PTP2WKSS tahun 2019.

“Kami sangat mendukung atas kegiatan ini. Bagi kami, keikutsertaan ini dapat memacu desa untuk meningkatkan pengembangan potensi yang dimilikinya dalam memberikan masukan guna pengembangan dan upaya pembenahan, khususnya di Aek Pardomuan,” ujar M. Thohir dalam sambutannya.

Kegiatan ini turut dihadiri pimpinan OPD, Ketua TP. PKK Tapsel Syaufia Lina Syahrul M. Pasaribu, Ketua TP. PKK Kecamatan, Forkopimcam, Camat Batang Toru, Camat Angkola Barat, Camat Muara Batang Toru, Kepala Puskesmaa, kepdes/lurah se-Angkola Sangkunur, dan para tokoh setempat. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda