Tim Dokkes Polda Sumsel dan Jajaran Lakukan Patroli Sambang TPS, Berikan Layanan Kesehatan Petugas

10

PALEMBANG, BERITAANDA – Tahapan pemungutan dan penghitungan suara di TPS menjadi salah satu kegiatan yang menguras tenaga dan pikiran para petugas penyelenggara Pemilu, tak terkecuali petugas kepolisian yang berjibaku mengawal dan mengamankan pendistribusian logistik Pemilu.

Kelelahan dan jatuh sakit menjadi hal yang harus dihindari oleh setiap petugas, disaat tuntutan tanggung jawab mengharuskan para petugas tetap siaga dengan kondisi kesehatan yang prima.

Mengantisipasi adanya petugas Pemilu, baik Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) maupun petugas pengamanan dari TNI, Polri dan Linmas yang sakit akibat kelelahan dan pekerjaan yang berlangsung lama, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan membentuk tim pelayanan kesehatan keliling oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bidokkes) Polda Sumsel dan unit kesehatan Polres jajaran.

Tim tersebut berpatroli keliling dari TPS ke TPS, dalam rangka memberikan pelayanan dan bantuan kesehatan bagi petugas penyelenggara Pemilu di lokasi.

Kabid Dokkes Polda Sumsel Kombes dr. Syamsul Bahar M.Kes mengatakan, tim kesehatan disiapkan dalam rangka mendukung kegiatan Operasi Mantab Brata yang digelar kepolisian saat ini.

“Kami menyadari begitu beratnya tugas yang diemban personel kita di lapangan, petugas penyelenggara di TPS. Jadi kita mendukung agar kesehatan mereka ini tetap prima sehingga bisa melaksanakan tugasnya dengan maksimal. Kegiatan ini sudah kita lakukan sejak Rabu (14/2/2024) kemarin dan berlanjut hari ini, tim kita terjunkan,” ujar dr. Syamsul Bahar, Kamis (15/2/2024).

“Kami memberikan layanan seperti pemeriksaan kesehatan, pemberian obat-obatan, dan penanganan luka ringan, hingga melakukan perawatan bagi personel pengamanan dan juga petugas lainnya yang mengalami sakit. Rabu kemarin, setidaknya ada 10 petugas yang kita berikan pelayanan kesehatan di lokasi TPS,” lanjutnya.

Tim pelayanan kesehatan tidak hanya oleh tim Polda Sumsel saja, melainkan juga tim kesehatan dari Polres jajaran. Tim tersebut melakukan kegiatan patroli menyambangi TPS-TPS di Kota Palembang dan kabupaten/kota se-wilayah Polda Sumsel untuk memberikan layanan kesehatan kepada petugas di lapangan.

Samsyul menerangkan, pihak Biddokkes Polda Sumsel menurunkan tiga tim yang siap melayani wilayah kota dan perbatasan Palembang.

“Dari Biddokkes sendiri ada tiga unit ambulans dengan tim lengkap, ini melayani wilayah Palembang dan daerah perbatasan, dan tim kesehatan di tiap Polres untuk melakukan pelayanan yang sama. Kita sediakan unit ambulans untuk mengantar pasien yang sakit ke rumah sakit terdekat apabila membutuhkan perawatan lanjut,” urainya.

Syamsul menegaskan bahwa upaya yang dilakukan sebagai bentuk komitmen Polda Sumsel, khususnya Dokkes mendukung pelaksanaan pemilihan umum dengan memastikan petugas yang terlibat pengamanan dan penyelenggara Pemilu, semuanya dalam kondisi sehat dan siap menjalankan tugasnya.

“Semoga dengan pelayanan kesehatan ini dapat mendukung dan menjaga kondisi fisik personel pengamanan dan para petugas TPS yang tetap terjaga, sehingga dapat menjalankan tugasnya secara optimal. Muaranya Pemilu berjalan aman tertib dan lancar,” tutup dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda