Tanggap Darurat Bencana Tsunami Berakhir, Ini yang Sudah Dikerjakan Korem 043/Gatam

501

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Sesuai SK Bupati Lampung Selatan, tanggap darurat bencana Tsunami berakhir pada hari Sabtu (19/1/2019).

“Sehubungan dengan hal tersebut, Korem 043/Gatam telah mengirimkan 474 personelnya pada tanggap darurat pertama. Dan pada tanggap darurat kedua, ketiga, dan keempat sejumlah 434 personel, yakni ada di wilayah Way Muli dan sekitarnya,” kata Danrem 043/Gatam Erwin Djatmiko, usai kegiatan olahraga bersama media di lapangan tenis Makorem 043/Gatam, Sabtu (19/1/2019) kemarin.

Lanjut dia, tanggap darurat sudah berakhir, bukan berarti hari terakhir dalam rangka kami menjalankan tugas. “Saat ini akan kami lakukan tahap rehabilitasi dan rekonstruksi,” jelas dia saat itu.

Di tanggap darurat ini sudah banyak yang dilakukan oleh pemerintah daerah yang dibantu oleh TNI dan Polri serta stakeholder lainnya. Contohnya saja yaitu pembangunan huntara (hunian sementara).

“Huntara yang dikerjakan oleh pihak kami 50 unit, sementara 20 unit merupakan inovasi dari pihak Kodim, sisanya dari mitra lain. Sedangkan dari pihak pemerintah banyak sekali diprioritaskan untuk saudara – saudara kita yang mengalami musibah disana. Mudah-mudahan dalam waktu maksimal, Minggu depan sudah dapat direalisasi,” tegas dia.

“Untuk sarana pendidikan juga menjadi prioritas dari pemerintah kabupaten untuk diperbaiki. Kita juga menyiapkan beberapa buku pelajaran yang tidak dimiliki lagi, sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan,” ujarnya lagi.

Pada kesempatan tersebut, Danrem juga menyampaikan terima kasih kepada awak media karena telah banyak membantu beliau. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda