Tampung Aspirasi Masyarakat, Hari Ananda Adakan Reses di Desa Liberia

325

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Untuk menampung aspirasi para masyarakat yang akan dituangkan dalam pokok pikiran (pokir), anggota DPRD dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Hari Ananda S.Pd, M.SP adakan kunjungan sekaligus gelar reses perseorangan masa persidangan pertama tahun 2020, bertempat di halaman kantor Desa Liberia Kecamatan Teluk Mengkudu Sergai, Senin (17/2/2020) sore.

Dalam reses tersebut, Hari Ananda yang juga bendahara DPC PPP Sergai mengatakan, ini sebagai bentuk tanggung jawab kami sebagai wakil rakyat untuk menyerap aspirasi yang disampaikan masyarakat, dan kemudian disusun menjadi pokir pada DPRD.

“Ada tiga irisan dalam penyerapan aspirasi masyarakat yang disampaikan dalam penyampaian program pembangunan. Pertama aspirasi masyarakat lewat reses. Kedua, proses perencanaan pembangunan melalui tahapan musyawarah dusun (musdus), Musyawarah desa (musdes), musyawarah tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten. Selanjutnya sistem perencanaan berbasis masyarakat (siperkat),” ungkap Hari Ananda.

Ia juga menyebutkan bahwa saat ini tidak ada lagi program-program pembangunan seperti pembangunan jalan maupun irigasi yang dibangun di desa tanpa melalui proses tahapan perencanaan pembangunan yang dituangkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD).

Pada tahun 2020 dalam rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat di Kecamatan Teluk Mengkudu mendapat prioritas pembangunan sarana infrastruktur sebesar Rp9,8 miliar, pembangunan infrastruktur jalan Desa Liberia menuju Desa Pematang Setrak sebesar Rp1 miliar dengan panjang 888 meter.

“Sementara di bidang pendidikan, yaitu pengadaan peralatan pendidikan pada TK Negeri Pembina Teluk Mengkudu sebesar Rp20 juta, serta berupa sarana moubeiler pengadaan bangku sekolah pada SD 102010 Desa Liberia sebesar Rp23 juta, dan SMPN 1 Liberia sebesar Rp23 juta,” pungkas dia.

Romian Parulian Siagian S.STP,M.Si selaku Camat Teluk Mengkudu juga menyebutkan, bahwa reses hari ini bagian dari tahapan dalam penyerapan aspirasi pembangunan lewat pokir DPRD.

“Ada juga lewat tahapan musrenbang yang dimulai dari tingkat dusun hingga kabupaten dengan mempertimbangkan skala prioritas pembangunan yang ada di desa,” bilang camat.

Romian sangat mengapresiasi kinerja kepolisian yang sudah turut mengawal pembangunan dengan menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di desa se-Kecamatan Teluk Mengkudu, dengan berkurangnya tidak kejahatan peredaran narkoba.

“Semoga dengan adanya reses yang berlangsung di Desa Liberia ini dapat membawa arah kebijakan pembangunan desa ini kedepannya jauh lebih baik dari sebelumnya. Tentunya kita berharap dengan adanya reses Bapak Hari Ananda, program-program pembangunan di Kecamatan Teluk Mengkudu lebih banyak lagi,” tutup Camat Teluk Mengkudu.

Kades Liberia Syaifuddin sangat berterima kepada anggota DPRD Fraksi PPP ini yang telah berkunjung ke Desa Liberia ini.

“Apalagi saya kades yang baru, dan istilahnya masih TK. Saya berharap apa yang telah dipaparkan Bapak Hari Ananda ini tentang sarana pembangunan di desa saya ini, kedepanya para masyarakat bisa menikmati sarana tersebut,” ucap Syaifuddin. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda