Ini Kata Ilham Ritonga Dalam Reses Perdananya

357

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Anggota DPRD Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dari Fraksi Gerindra M. Ilham Ritonga, SE mengadakan reses perdana masa persidangan 1 tahun 2020 yang diselenggarakan di Jalan Besar Pantai Cermin Kelurahan Batang Terap Kecamatan Perbaungan, Sergai, Senin (17/2/2020) siang.

Lurah Batang Terap Prayogi Prasetiyo,S.STP dalam pidato pembukanya mengucapkan terimakasih kepada anggota DPRD Sergai terpilih M. Ilham Ritonga yang sudah menggelar reses untuk menjemput segala aspirasi masyarakat, khususnya di dapil I.

“Jadi dalam reses ini, segala bentuk keluhan dan apa yang sangat dibutuhkan masyarakat dapat dikabulkan oleh anggota DPRD kita. Semoga amanah masyarakat yang diemban oleh abangda kita Ilham Ritonga sebagai anggota DPRD Sergai dapat dilaksanakan dengan baik dan benar,” pungkas Prayogi.

Kades Sukajadi Misroh menyebutkan bahwa desanya tertinggal dalam segi pembangunan di Kabupaten Sergai ini. Salah satunya di Dusun III.

“Jalan protokol sudah diusulkan, jadi di tahun ini kiranya dapat dilakukan pengaspalan. Sebab, tahun kemarin saat ada reses di kecamatan sudah kami usulkan, namun sangat disayangkan sudah setahun lamanya sampai sekarang belum juga ada yang teralisasi,” kata dia.

Misroh juga mengatakan bahwa para peternak ikan sangat membutuhkan bantuan. Mengingat perusahaan PT. Adolina yang sangat dekat dengan Desa Sukajadi ini, belum pernah memberikan CSR.

“Jadi untuk itu, kiranya Bapak Ilham Ritonga sebagai penyambung tangan kami dapat mengabulkan aspirasi masyarakat, khususnya di dapil I,” pungkas Misroh.

Dalam kesempatan itu, salah seorang petani menuturkan, kami sangat mengeluhkan tentang pupuk subsidi.

“Kami tidak dibantu dengan pupuk subsidi pun tidak masalah, asalkan harga gabah kami dapat mencapai Rp10.000, bukan Rp4.000 perkilonya. Dapat makan apa kami,” bilang dia.

Sementara Askep Perkebunan PTPN IV Adolina Ery Kuswoyo menyampaikan, selaku perusahaan perkebunan BUMN, pihaknya mempunyai tambahan dana CSR. Namun semuanya ada proses yang harus diikuti dari pusat. Makanya, pihak desa atau masyarakat diimbau untuk membuat proposal, agar pihaknya bisa langsung meneruskan ke pusat.

“Kami di Kabupaten Sergai ini hanya sebatas menerima usulan, dan penentuan bantuan CSR itu putusan dari pusat,” katanya.

Selanjutnya menyangkut tentang pupuk subsidi, perwakilan Dinas Pertanian Sergai Kabid USP Irmawati mengatakan, alokasi pupuk subsidi di Indonesia itu memang ada pengurangan sekitar 40 persen se-Indonesia. Itu semuanya putusan dari Kementerian Pertanian. Kata dia lagi, kemungkinan tahun depan pupuk subsidi akan dihapus dan digantikan dengan program lain.

Setelah menampung keluhan dari warga, M. Ilham Ritonga mengatakan bahwa kegiatan reses ini dilaksanakan bertujuan untuk menjemput segala aspirasi dan keluhan masyarakat.

“Kita harapkan nantinya segala usulan dapat dijawab bersama untuk dibawa ke musrenbang kabupaten, untuk dapat terus ditindaklanjuti dan dapat ditampung dalam RAPBD. Intinya, segala aspirasi dan usulan masyarakat itu harus sama disampaikan, jangan ada berubah-ubah, baik itu di musrenbang desa, kecamatan maupun kabupaten,” ungkap Ilham Ritonga.

Ia juga menyerap segala pertanyaaan masyarakat tentang pertanian, khususnya pupuk subsidi. Itu semua kebijakan pemerintah pusat, dan pemerintah masih menggodok segala hal yang menyangkut pupuk tersebut. Walaupun demikian, kami sebagai wakil rakyat akan mengusulkan kepada anggota dewan dari Partai Gerindra yang ada di DPR pusat.

“Mudah-mudahan apa yang digodok pemerintah ini dapat meringankan beban para petani,” ujar Ilham.

Selain itu, kata Ilham Ritonga, program tentang perberdayaan masyarakat juga tetap diusulkan lewat kelompok tani atau ternak, serta program UMKM tentang kerajinan tangan atau pelatihan bagi masyarakat Kelurahan Simpang III. Namun walaupun begitu, nantinya akan tetap kita sampaikan ke Dinas Perindagsar Sergai untuk segera ditanggapi.

“Itu semua sudah kita sampaikan ke pihak dinas terkait. Jadi walaupun itu kewenangan provinsi, tapi akan kita ajukan bersama di kantor perwakilannya. Terkait penghibahan jalan itu belum kita pelajari, begitu juga drainase Desa Jambur Pulau ke Lubuk Cemara dan drainase Pajak Baru Batang Terap. Seluruh aspirasi masyarakat lainnya tetap kita usulkan, dan nantinya akan tetap kita kawal,” cetus Ilham.

Ilham Ritonga menambahkan, mengenai kesehatan, obat-obatan, serta bantuan bagi lansia, akan kami sampaikan dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Sergai. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda