Soekirman Masuk Nominasi 10 Besar Bupati/Walikota yang Akan Menerima Anugerah Kebudayaan

367

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang ke-16 pada bulan Januari 2020 mendatang, Bupati Ir. H Soekirman masuk nominasi 10 besar bupati/walikota yang akan menerima Anugerah Kebudayaan tahun 2020 dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.

Anggota dewan juri Yusuf Susilo Hartono menyebut, bahwa Anugerah Kebudayaan diberikan kepada sejumlah bupati/walikota di Indonesia dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020.

“Pada penilaian tersebut berdasarkan aspek bentuk isi proposal yang diajukan, meliputi tata visual dan bahasa. Juga teknik penyajian yang terdiri dari pilihan judul/program, profil daerah, profil bupati/walikota, pemanfaatan media massa/sosial, landasan peraturah daerah, kebijakan program dan strategi inovasi, serta aspek pendukung berupa SDM, hingga anggaran hingga infrastruktur,” kata dia.

Ada 3 kategori yang ditetapkan bupati/walikota calon penerima Anugerah Kebudayaan, yakni daerah/kota yang ada di dalam/dekat wilayah ibukota negara, daerah/kota yang berada/dekat dengan ibukota provinsi, dan daerah/kota yang jauh dari ibukota provinsi.

Adapun bupati/walikota yang ditetapkan masuk 10 besar oleh dewan juri antara lain Airin Rachmi Diany (Walikota Tangerang Selatan, Banten), Ibnu Sina (Walikota Banjarmasin, Kalimantan Selatan), Richard Louhenapessy (Walikota Ambon, Maluku), Umar Ahmad (Bupati Tubaba, Lampung), Danny Missy (Bupati Halmahera Barat, Maluku Utara), Soekirman (Bupati Serdang Bedagai, Sumatera Utara), Hj. Indah Putri Diani (Bupati Luwu Utara, Sulawesi Selatan), Hj. Badingah (Bupati Gunung Kidul, Yogyakarta), Anang Syakhfiani (Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan), dan AS. Tamrin (Walikota Bau Bau, Sulawesi Tenggara).

Mereka akan diundang ke Jakarta pada tanggal 8-9 Januari 2020 untuk presentasi dan tanya jawab pendalaman proposal oleh dewan juri, sebagai tahapan akhir sebelum menerima penghargaan Anugerah Kebudayaan yang akan diserahkan pada acara puncak HPN tahun 2020 di Banjarmasin pada bulan Februari 2020 yang akan datang.

Saat dihubungi oleh awak media melalui telepon selulernya, Sabtu (28/12/2018), Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyebutkan, bahwa anugerah ini merupakan akumulasi sikap, keberpihakan dan prinsip penghargaan kepada budaya yang dipraktekan selama bertahun-tahun di Sergai.

“Ini saya dedikasikan kepada seluruh masyarakat Sergai sebagai hadiah tahun baru. Terimakasih kepada PWI yang telah mengajukan Sergai pada pentas nasional,” jelas dia.

“Dan budaya adalah tanah yang tempat tumbuhnya semua unsur. Kalau budaya baik maka ekonomi, sosial, politik yang tumbuh diatasnya mudah-mudahan juga baik,” ungkap Soekirman. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda