Simulasi PSU di KPU Sekadau Berjalan Lancar

33

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sekadau menggelar simulasi penghitungan suara ulang (PSU) perolehan suara paslon bupati – wakil bupati untuk pemilihan Kecamatan Belitang Hilir, Sabtu (10/4) pagi.

Pelaksanaan simulasi secara teknis diselenggarakan dengan menghadirkan saksi masing-masing pasangan calon, Bawaslu, Komisioner KPU serta perwakilan KPU RI dan Kalimantan Barat. Puluhan aparat keamanan dari TNI dan Polri disiagakan mengamankan jalannya simulasi.

Ketua Bawaslu Sekadau, Nursoleh menyatakan, dari pengamatannya bahwa KPU sudah mempersiapkan simulasi dan PSSU. “Kami sarankan setiap panel menggunakan pembatas keluar masuk,” kata Soleh.

Selain itu, ia mengingatkan agar peserta PSU harus mengetahui tata tertib. Tak kalah penting, Soleh meminta nantinya saksi-saksi dan peserta PSU mengikuti tes swab. “Termasuk Bawaslu dan KPU harus membawa surat negatif hasil tes swab untuk menegakan protokol kesehatan Covid-19,” beber Soleh.

Sementara itu, Ketua KPU Sekadau Drianus Saban mengatakan, berdasarkan amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK), KPU diperintahkan melaksanakan penghitungan suara ulang (PSU). “Diperjelaskan bahwa yang dihitung adalah surat suara yang ada di dalam kotak,” tegas Saban.

Mengenai tata cara dan mekanisme PSU, Saban menjelaskan bahwa telah dituangkan dalam surat 272 tentang teknis PSU.

“Waktu pelaksanaan 08.00 WIB sampai dengan selesai, dimulai 12 sampai dengan 16  April 2021 di halaman kantor KPU Sekadau,” terang dia. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda