Puan Maharani Resmikan Bandara Taufik Kemas dan Jalan Fatmawati Soekarno di Pesisir Barat

14

PESIBAR-LAMPUNG, BERITAANDA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Dr. (H.C.) Puan Maharani terharu dan bangga saat meresmikan nama Bandar Udara (Bandara) Muhammad Taufiq Kiemas dan jalan akses ke bandara bernama Jalan Fatmawati Soekarno.

Puan berharap operasional bandara itu mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sebagai anak dari almarhum Bapak Taufiq Kiemas, saya mewakili keluarga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mengusulkan dan mendukung, sehingga nama orangtua kami disematkan menjadi nama bandara ini,” kata Puan di Krui, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, Sabtu (10/4).

Puan lalu mengungkapkan pepatah, bahwa ketika manusia dipanggil oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, maka dia akan meninggalkan namanya di bumi. “Alhamdulillah nama Taufiq Kiemas yang beliau tinggalkan adalah nama yang harum, nama yang dihormati, nama yang membanggakan bagi kami keluarganya maupun bagi bangsa Indonesia,” ujarnya.

Puan menuturkan, Taufiq Kiemas adalah mantan Ketua MPR RI dan dikenal sebagai negarawan yang gigih menjaga konstitusi Indonesia dan bisa menyatukan semua elemen bangsa.

Dia melanjutkan, Taufiq Kiemas juga terus mengedepankan kerukunan bangsa dan selalu mengingatkan pentingnya menjaga dan menerapkan Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bineka Tunggal Ika.

“Saya berharap bandara ini sekarang menyandang nama almarhum Taufiq Kiemas, maka bandara ini turut berperan dalam menjaga semangat kebangsaan dari Almarhum,” ungkap Puan.

Semangat kebangsaan lain dari Taufiq Kiemas, adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal itu diharapkannya dapat terwujud melalui bandara yang baru diresmikan pergantian namanya itu. Karena itu dirinya berpesan agar Bandara Muhammad Taufiq Kiemas dijaga kebersihannya, dijaga operasionalnya, sehingga bisa terus menjadi kebanggaan kita semua.

“Karena bandara ini menjadi salah satu pintu gerbang utama untuk orang datang ke Pesisir Barat, memudahkan wisatawan datang ke sini, dan akan menggerakkan ekonomi lokal serta membangkitkan UMKM,” tuturnya.

“Saya merasa bahwa Krui ini adalah tanah leluhur saya, kita harus gotong-royong membangun Krui, siapapun kepala daerahnya, siapapun pejabatnya,” jelas Ketua DPR RI yang kakek dari garis ayahnya berasal dari Pulau Pisang, Krui, Lampung.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, Ketua Komisi IV Sudin, anggota DPR RI Mukhlis Basri, anggota BPK RI Ismayatun, Staf Khusus Menkopolhukam RI Erwin Moeslimin Singajuru, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay, Ketua Komisi V DPRD Lampung Yanuar Irawan, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, Kapolres Lampung Barat Rahmat Tri Haryadi, Dandim Lampung Barat, Pj Bupati Pesisir Barat Bambang Soembogo, Bupati terpilih Pesisir Barat Agus Istiqlal bersama Wakil Bupati Zulqoini Syarief, Wakil Ketua DPRD Pesisir Barat Piddinuri serta Ketua DPC PDI Perjuangan Pesisir Barat 2015 – 2019 Oking Ganda Miharja dan Ketua DPC PDIP 2019 – 2024 Pieter. [Katrine]

Bagaimana Menurut Anda