Sidimpuan Selatan Tuan Rumah MTQ ke-XIX

372

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Wakil Walikota (Wawako) Padangsidimpuan H. Arwin Siregar memimpin rapat persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIX tingkat kota setempat. Rapat digelar di aula kantor walikota, Kamis (6/2/2020).

Hadir Sekretaris Daerah H. Letnan Dalimunthe, para asisten, mewakili Kapolres Sidimpuan, Kakan Kemenag, Camat Padangsidimpuan Selatan, pimpinan OPD, Wakil Ketua TP PKK, Ketua DWP, dan sejumlah stakeholder lainnya.

Arwin mengharapkan, dalam tahap seleksinya nanti dibuat se-fair mungkin. Jangan didapati ada peserta yang sudah melampaui batas umur seperti yang telah ditentukan. Sehingga juara yang didapatkan nanti tidak terkendala untuk diikutsertakan di tingkat selanjutnya.

“Disamping itu, saya berharap acara sebesar ini tidak dijadikan sebagai seremonial semata. Kita ingin acara ini memberikan maslahat untuk masyarakat dan Kota Padangsidimpuan,” pesan Arwin di dalam rapat pembahasan persiapan.

Membahas soal keamanan, mewakili Kapolres, Kabag Ops Kompol Aswat Tarigan menuturkan, kepolisian bakalan membuat sistem keamanan terbuka dan tertutup. Baik sebelum, pada saat, maupun selesai pelaksanaan acara.

“Apabila nantinya dipandang perlu ataupun ada kendala di lapangan terkait, maka mungkin saja kita melakukan rekayasa lalu lintas. Tergantung situasi di lapangan nantinya,” ujar Aswat.

Mengenai penyebaran informasi akan adanya penyelenggaran MTQ tersebut kepada khalayak luas, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan meyakinkan, pihaknya bersama Dinas Kominfo akan mencover bidang itu, sekaligus membuat dokumentasi kegiatan dengan sebaik-baiknya.

MTQ tahun 2020 ini sendiri merupakan agenda yang telah ditetapkan pemkot sebagai bagian dari upaya pencapaian visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota dalam mewujudkan Kota Padangsidimpuan Bersinar. Diharap pula, akan menjadi sarana aktualisasi ajaran Alquran.

Sesuai perencanaan, penyelenggaraan MTQ ke-XIX ini akan dilaksanakan pada 6 sampai 8 Maret 2020 mendatang. Kecamatan Sidimpuan Selatan yang ditunjuk sebagai tuan rumah pun telah memusatkan acara dimaksud di lapangan sepakbola SMA Negeri 3 Padangsidimpuan.

Untuk cabang yang diperlombakan antara lain Tilawah Mujawwad dan Qiro’ah Alquran, Tartil Alquran, Tahfiz Alquran, Fahmil Alquran, Syarhil Alquran, Karya Tulis Ilmiah Alquran, Naskah, Hiasan Mushaf, dan Dekorasi. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda