Serangan Kilat Batalyon Intai Amfibi Marinir Bebaskan Sandera di Dermaga Caligi Pesawaran

385

PESAWARAN-LAMPUNG, BERITAANDA – Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI Marinir Suhartono, M. Tr(Han) yang diwakili oleh Asisten Operasi Korps Marinir Kolonel Marinir Y. Rudi Sulistyanto didampingi oleh Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Ahmad Fajar dan Komandan Komando Latih Korps Marinir Kol. Suliono beserta jajaran Kolatmar, meninjau latihan lanjutan gabungan Batalyon Intai Amfibi di Dermaga Caligi, Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, Selasa (3/12/2019).

Sebanyak 150 prajurit gabungan Yontaifib 1 Mar Jakarta, Yontaifib 2 Mar Surabaya dan Yontaifib 3 Mar Sorong menggelar latihan lanjutan triwulan IV tahun 2019 di daerah Teluk Pandan Dermaga Caligi.

Latihan ini dibagi menjadi tiga tim, yaitu tim Alfa, Bravo, Charlie, Echo dan Delta dengan tugas yang berbeda-beda.

Kegiatan latihan ini diawali dengan combat free fall oleh tim Alpa yang dipandu oleh tim Echo, menuju titik awal ke sasaran musuh. Kemudian tim Bravo melaksanakan rubber duck operation (RDO) di tengah laut yang dipandu oleh tim Echo menuju sasaran, di saat gempuran dari tim Bravo dari arah laut ke sasaran musuh.

Selanjutnya tim Alpa melumpuhkan sasaran, dan dilanjutkan dengan gerakan cepat, tepat dan taktis dalam pembebasan sandera.

Pada waktu yang bersamaan, tim Delta melaksanakan fast rope disekitaran sasaran dan ikut melaksanakan bantuan tembakan dan penghancuran ke sasaran musuh.

Setelah musuh dapat dilumpuhkan, dalam hitungan menit segera berlalu dengan gerakan sigap melaksanakan exfiktrasi teknik stabo.

Usai musuh dapat dilumpuhkan, kemudian dengan gerakan cepat dan taktis, tim Alpha membawa sandera ke tempat pengunduran.

Turut hadir dalam peninjauan latihan tersebut Komandan Lanal Lampung Wadan Brigif 4 Mar/BS dan para perwira jajaran Brigif 4 Mar/BS. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda