Seluruh Usulan dalam Musrenbang Kecamatan Pangkalan Lampam Akan Ditampung

632

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Hasil musyawarah didapat dari musrenbang desa yang sebelumnya telah dilaksanakan masing-masing, tentang apa saja pembangunan diusulkan agar dapat terealisasi kedepan, telah disampaikan para kepala desa di wilayah Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Usulan disampaikan dan ditampung dalam kegiatan musrenbang tingkat Kecamatan Pangkalan Lampam yang digelar di aula rapat kantor camat setempat. Dihadiri unsur pemerintah kecamatan, camat, Kapolsek dan kades se-Kecamatan Pangkalan Lampam serta lainnya, Selasa (14/1/2020).

Dalam kesempatan ini, Kepala Bappeda OKI Makruf CM diwakili Kabid Sosbud, Ismail menegaskan, berbagai upaya Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melalui program pembangunan untuk mewujudkan kondisi daerah lebih maju telah memberikan hasil positif dalam berbagai kehidupan masyarakat.

“Namun demikian, masih terdapat berbagai kendala yang harus segera diatasi. Seperti kondisi infrastruktur yang belum baik, contohnya jalan rusak, dan masih adanya masyarakat belum menikmati aliran listrik serta belum seluruh dapat akses air bersih,” tandas dia.

Disamping itu, masih dirasakan pelayanan kesehatan dan pendidikan belum maksimal serta penanggulangan kemiskinan. Kata dia lagi, dalam upaya mengatasi berbagai kondisi tersebut di atas, tidak mungkin dapat hanya dilakukan oleh Pemkab OKI. Tetapi harus melibatkan partisipasi aktif dari berbagai pelaku pembangunan.

“Untuk meningkatkan sinergitas seluruh potensi pembangunan, maka diperlukan perencanaan pembangunan sebagai pedoman bagi seluruh pihak-pihak terkait, sehingga dapat berikan kontribusi dalam pembangunan daerah kurun waktu 1 tahun ke depan,” ujar dia.

Oleh karena itu, masih kata dia, program dihasilkan dalam musrenbang kecamatan ini hendaknya merupakan program prioritas kebutuhan masyarakat yang nantinya akan disinkronkan serta diintegrasikan dengan program OPD dan pokok-pokok pikiran anggota DPRD Ogan Komering Ilir (OKI) di forum musrenbang RKPD kabupaten yang akan datang.

“Dalam kesempatan yang baik ini, diimbau kepada pimpinan perusahaan agar lebih peduli, terutama pada lingkungan sekitar perusahaan untuk membangun akses jalan, jembatan, air bersih, pendidikan, kesehatan dan listrik,” pungkas dia.

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut, terungkap beberapa usulan disampaikan antara lain pembangunan ruang kelas baru SD, pembangunan pagar, conblok halaman sekolah SD, pengadaan sarana dan prasarana laboratorium, serta perpustakaan SMP 5 Pangkalan Lampam.

Selain itu, pembangunan gedung obat untuk Puskesmas Pangkalan Lampam dan pemeliharaan atau perbaikan jalan antar desa di seluruh Kecamatan Pangkalan Lampam. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda