Aksi Pencurian Hewan Ternak Digagalkan Tim Macan Komering Mesuji Raya

1186

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Aksi pencurian hewan ternak yang terjadi pada hari Rabu (14/1/2020) sekira pukul 02.00 Wib di Dusun Trans Baru RT 2 Desa Gedung Rejo Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan berhasil digagalkan Tim Macan Komering Polsek setempat.

Bahkan, salah seorang komplotan pencuri yaitu Irham Kurniawan (35), tercatat warga Dusun 2 RT 2 Desa Suka Sari, Mesuji Raya OKI, berikut 1 ekor sapi milik korban Totok Sugianto (35) dan 1 unit truk nopol BG 8294 K yang digunakan para pelaku berhasil diamankan.

Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra melalui Kasubbag Humas AKP Iryansyah, Rabu (14/1/2020) siang menjelaskan, tadi malam sekira pukul 02.00 Wib, salah satu sapi milik Totok hilang dari kandang. Lalu, ia membangunkan adiknya bernama Agus, yang tinggal bersebelahan dengan rumahnya.

“Kemudian mereka mengikuti jejak sapi yang setelah ditelusuri ternyata mengarah ke arah jalan poros. Sekitar pukul 02.30 WIb, korban dan adiknya Agus melihat ada truk yang tiba – tiba tancap gas dan mendengar lenguhan suara sapi,” ungkap dia.

Mendapati hal itu, kata dia, korban langsung menghubungi anggota Bhabinkamtibmas Subsektor Mesuji Raya, Bripka Yoga Anggara, guna meminta tolong untuk melakukan pencegatan kendaraan truk yang diduga membawa sapi milik korban.

“Sekira pukul 03.00 Wib, Bripka Yoga Anggara menghubungi Kasubsektor Mesuji Raya IPDA Ilham Parlindungan guna berkoordinasi dengan Kapolsek Lempuing AKP Darmanson. Karena diduga kendaraan tersebut mengarah ke jalan lintas timur Desa Tebing Suluh Kecamatan Lempuing,” tandas dia.

Masih kata dia, pada pukul 03.30 Wib, tim gabungan Macan Komering Mesuji Raya yang dipimpin Kasubsektor IPDA Ilham Parlindungan bekerjasama dengan Tim Macan Komering Polsek Lempuing pimpinan AKP Darmanson di back up Kanit Intelkam IPTU Zulkarnain melakukan pengejaran.

“Setelah berhasil dikejar, pada saat hendak dihentikan dengan terlebih dahulu diberikan tembakan peringatan sebanyak tiga kali ke udara, ternyata malah membuat pelaku beringas dan berusaha menabrakkan kendaraan truk yang dibawanya kepada petugas,” ujar dia.

“Sehingga salah seorang pelaku yakni Irham Kurniawan, terpaksa dilumpuhkan dengan satu tembakan yang tepat mengenai kaki kirinya guna menghindari jatuhnya korban dari pihak petugas. Melihat kawannya terkena tembakan, 2 orang pelaku lainnya, yang ada di dalam mobil truk, melompat keluar dan berlari ke arah kebun sawit,” tukas dia.

Saat ini kedua pelaku itu, K (38) dan H (30), sopir truk, masih dalam pengejaran. Lanjut dia, sementara pelaku Irham Kurniawan dengan barang bukti 1 ekor sapi berikut kendaraan truk yang digunakan pelaku dibawa dan diamankan di Polsubsektor Mesuji Raya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda