Sekda Tapsel Dorong Pelaku UMKM ‘Aktivasi’ Perangkat Digital

47

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Parulian Nasution mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar memanfaatkan kecanggihan teknologi.

“Pelaku UMKM di Tapsel sudah semestinya memanfaatkan perangkat digital untuk lebih pengembangan dan promosi produk usahanya,” ujarnya, Jumat (20/11/2020), saat membuka acara bimtek digital marketing di Bappeda.

Menurutnya, pelatihan ini sangat penting diikuti oleh pelaku UMKM, karena kehadiran teknologi komunikasi digital saat ini telah menciptakan perubahan besar pada strategi pemasaran produk dan jasa pada tataran ekonomi global.

“Teknologi terbukti mampu menjalankan tugas pemasaran dengan cepat, berdaya jangkau luar biasa, mengusung banyak konten mulai dari tulisan, gambar dan video, juga interaktif yang murah,” tegas Parulian.

Karena itu, katanya, pelatihan digital marketing UMKM menjadi cara tepat untuk mempercepat pemasaran produksi sekaligus meningkatkan produktivitas UMKM di Kabupaten Tapsel dan bahkan ke kancah pasar global.

“Pemasaran melalui perangkat digital akan sangat membantu UMKM, karena memiliki kecepatan dalam menjangkau area yang luas dan bisa menyapa banyak orang dalam sekali klik serta sangat murah dibanding pemasaran konvensional,” imbuhnya.

Sekda Parulian mengajak semua peserta agar mengikuti bimtek ini dengan sebaik-baiknya. Bagi dia, kegiatan ini merupakan kesempatan yang sangat berharga dari ribuan UMKM yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan.

“Melalui kegiatan ini, anda semua merupakan duta Kabupaten Tapsel yang nantinya bakal disiapkan untuk membangun UMKM yang kompetitif dan kualitatif,” sebut Sekda.

Kadis Kominfo Tapsel Inganan Dalimunthe menjelaskan, dasar pelaksanaan bimtek ini merupakan perjanjian kerjasama antara Pemkab Tapsel dengan Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo (BBPSDMP) Medan Kementerian Kominfo.

“Bimtek bertujuan untuk memberi pemahaman strategi pemasaran produk UMKM, termasuk membekali para pelakunya. Dengan harapan, mereka akan semakin memahami bagaimana memasarkan hasil produknya melalui sistim digital secara tepat guna,” jelas dia.

Inganan menambahkan, bimtek digital marketing ini diikuti sedikitnya 30 orang pelaku UMKM Tapanuli Selatan dengan narasumber Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Irbar Samekto beserta instruktur lainnya. [Anwar]

Bagaimana Menurut Anda