Sambut Natal dan Tahun Baru, Bupati Sergai Soroti Kondisi Jalan

194

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) adakan rapat kerja (raker) forum lalu lintas sambut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, bertempat di aula objek wisata Pantai Woong Rame Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (28/11/2019).

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekiman menyampaikan apresiasi dan keyakinan bahwa melalui rapat ini nantinya kita bisa mendapatkan solusi dari permasalahan yang saat ini terjadi di lapangan, untuk kemudian menyusun strategi penyelesaian secara horizontal (melalui kerjasama pihak terkait) dan vertikal (koordinasi dengan pemerintah yang lebih atas lagi seperti pemprov dan pemerintah pusat).

“Dengan hadirnya unsur DPRD ini akan semakin menguatkan legitimasi hasil rapat yang kita laksanakan hari ini, untuk dibahas dan disampaikan pada tahap yang lebih tinggi lagi. Koordinasi antara Dinas PUPR, Dishub, Kepolisian, Jasa Marga, Organda dan lainnya mestinya memiliki peran yang jelas. Dan dimensi angkutan (truk dan kendaraan angkut lainnya) pada dasarnya harus menyesuaikan dengan kapasitas kelas jalan yang akan dilalui. Jika saja ada bekas chasis dari luar dengan tonase di atas beban jalan, sudah dapat dipastikan hotmix jalan tersebut memiliki daya angkat dan usia produktif jalan tersebut tidak akan tercapai,” kata bupati.

“Berbagai upaya telah kita lakukan dengan membangun portal guna meminimalisir pelanggaran, namun saat ini banyak portal yang dirusak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, sehingga tetap saja jalan menjadi cepat rusak. Demikian juga halnya jalan yang dilewati oleh kendaraan angkutan perusahaan ataupun perseorangan, jika dilakukan penegakan hukum yang keras, bisa jadi akan terjadi unjuk rasa karena dianggap mempersempit lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” tambah bupati.

“Lalu bagaimana solusinya kemudian?. Menurut saya, jalan satu-satunya jika pemerintah tetap memberi izin masuk truk kapasitas tonase besar namun tidak mengganggu kelancaran transportasi masyarakat biasa, maka kualitas kelas jalan yang harus ditingkatkan. Kenyataan ini tolong agar dipertajam dalam rapat pada hari ini, agar nantinya dibawa oleh DPRD untuk dibahas di tingkat yang lebih tinggi lagi, supaya menjadi perhatian, bahwa revolusi kendaraan dengan revolusi jalan raya tidak berbanding lurus dan seimbang,” tegas dia.

“Pada kesempatan ini, kami atas nama Pemkab Sergai berterima kasih kepada pihak kepolisian yang terus antisipatif dalam hal pengamanan ketertiban di jalan raya, sehingga menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Sergai dan Tebing Tinggi,” kata bupati lagi.

“Saya berharap dukungan dari semua pihak, dalam hal mewujudkan wacana peningkatan status jalan baru jalur pesisir pantai di sepanjang Selat Malaka. Bahwa hal ini dapat menjadi solusi agar kepadatan arus lalu lintas di Jalinsum dapat terurai, sekaligus dapat menghidupkan sektor ekonomi masyarakat di sepanjang pesisir pantai Selat Malaka,” pungkas bupati.

Sementara Kadis Perhubungan Kabupaten Sergai M.P Naibaho, S.Sos SH M.Si dalam paparannya menyampaikan fokus pembahasan rapat kerja mencakup arus lalu lintas wilayah Kabupaten Sergai, kendaraan laik jalan, kesehatan pengemudi serta fasilitas pendukung dalam rangka arus mudik dan pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Selanjutnya kegiatan diisi dengan penyampaian paparan dari Kasat Lantas AKP Agung Basuni, SIK tentang kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2019, BPTD Wilayah II Sumut, Dinas Perhubungan Provinsi Sumut dan BNN Sergai yang mengantisipasi sopir kendaraan penumpang dari penggunaan dan penyalahgunaan narkoba. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda