Sadar Susah Menang di MotoGP, Rossi Tak Hentinya Salahkan Ban

17

ITALIA, BERITAANDA – Kian tergerus usia, membuat pembalap Petronas Yamaha asal Italia, Valentino Rossi mengalami penurunan performa. Kini, pergerakkannya di lintasan tak selihai awal kemunculannya. Bahkan, dia melalui empat tahun terakhir MotoGP, tanpa sekali pun pernah menang.

Namun, dalam sejumlah kesempatan, dia acap berkilah, performa buruknya bukan disebabkan usia yang menua, melainkan ban motor yang tak sesuai dengan karakter membalapnya. Bahkan, alasan tersebut tak henti-hentinya dia sampaikan ke media.

Pada perlombaan yang berlangsung di sirkuit Jerez, Spanyol, akhir pekan kemarin, Rossi juga tampil kedodoran dengan hanya menempati urutan ke-17. Lajunya sangat lambat seperti kekurangan tenaga. Saat ditanya wartawan, lagi-lagi, dia mengeluh soal ban motornya.

“Saya tidak suka bicara tentang kondisi ban, katakanlah itu sangat soft untuk saya. Sayangnya, saya tak bisa menolak, karena itu berlaku untuk semua pembalap di MotoGP dan saya perlu beradaptasi,” ujar Rossi, dikutip dari GPone, Rabu [5/5].

“Hanya saja saya menjadi kurang nyaman saat balapan, saya berjuang memertahankan akselerasi, dan kecepatan menjadi masalah besar. Saya tahu bertarung merebutkan juara bukan pekerjaan mudah. Namun, saya harus bisa lebih cepat,” lanjutnya.

Namun demikian, sebagai pembalap, Rossi tak boleh terjebak situasi. Dia berjanji, pada perlombaan berikutnya yang berlangsung di sirkuit Le Mans, Prancis performanya bakal lebih memuaskan.

“Ini adalah permasalahan antara saya dan motor (Yamaha) M1. Kini, saya sepertinya menemukan hal baru untuk membuatnya berkembang dan melaju lebih baik.”

“Tentu saja saya senang, karena saya perlahan bisa menyesuaikan diri dengan motor ini. Akan tetapi, segalanya baru bisa dibuktikan (saat balapan) di Le Mans nanti,” kata dia. [100kpj.com]

Bagaimana Menurut Anda