Ribuan Umat Kristiani Sintang Gelar Natal Oikumene

177

SINTANG-KALBAR, BERITAANDA – Ribuan umat Kristiani yang ada di Kota Sintang dari berbagai denominasi gereja berkumpul di Gedung Pancasila, Jumat (11/1/ 2019), mengikuti perayaan Natal Oikumene tingkat Kabupaten Sintang.

Perayaan Natal Oikumene diawali dengan ibadat sabda yang dipimpin langsung Uskup Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM. Cap.

Penyalaan lilin Natal diikuti Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, MM, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si, Uskup Sintang Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM. Cap, Ketua PGI Kabupaten Sintang Pdt. Chau Simin, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang Ny. Rosinta Askiman, Ketua Panitia Natal Oikumene 2018 Herkolanus Roni, dan Bimas Katolik Kementerian Agama Kabupaten Sintang Lion Efendi.

Herkolanus Roni selaku Ketua Panitia Natal Oikumene Umat Kristiani Kabupaten Sintang tahun 2018 menyampaikan bahwa perayaan Natal Oikumene merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahun.

“Perayaan Natal ini penting untuk mendekatkan diri kepada Tuhan,” ujar Roni.

Selain itu, dikatakan Roni, Natal bersama ini dalam rangka memperkokoh persatuan diantara sesama umat Kristiani dan dengan umat beragama lain di Kabupaten Sintang.

Sementara Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman menyampaikan bahwa kotbah yang disampaikan oleh Uskup Sintang tadi hendaknya kita renungkan dan laksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sesuai tema yang ada, maka kita harus mempertanggung jawabkan tindakan kita dalam kehidupan kita,” pesan Askiman.

Menurutnya, umat Katolik harus mampu menjadi contoh dan teladan dalam keluarga dan masyarakat.  Umat Katolik, diminta Askiman, untuk menjauhi alam kegelapan dan pemujaan berhala.

“Kita harus masuk kedalam terang kasih Tuhan,” tambahnya.

Askiman mengajak semua pihak untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, sesuai ajaran Kristiani.

“Pemkab Sintang tahun 2019 ini akan mempercepat pelaksanaan pembangunan, baik fisik maupun non fisik, dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Askiman. (Arni/Humas Pemkab Sintang)

Bagaimana Menurut Anda