Ratusan Pelajar Sekadau Ikuti Seminar Wawasan Kebangsaan

348
Drs.Sapto Utomo M.Si saat menyampaikan sambutan mewakili Bupati Sekadau. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Asisten I Pemkab Sekadau Sapto Utomo M.Si membuka seminar wawasan kebangsaan yang diikuti 116 pelajar dari beberapa sekolah SMA/SMK sederajat di Kecamatan Sekadau Hilir, Sabtu (27/7/219).

Sapto menegaskan bahwa Pemerintah Kebupaten Sekadau mendukung kegiatan – kegiatan seperti yang dilaksanakan hari ini, dalam rangka menambah wawasan.

“Wawasan kebangsaan tidak lepas dari 4 pilar (Pancasila, NKRI, Bhineka Tunggal Ika dan Undang – Undang Dasar 45),” kata Sapto.

Mantan Kepala Bagian Umum Setda Pemerintah Kabupaten Sekadau itu menyarankan peserta kegiatan untuk aktif bertanya kepada pemateri, agar mendapatkan pemahaman dan wawasan.

“Jika hanya mendengarkan penjelasan akan mudah hilang,” ujar Ketua PP Muhamadiyah Kabupaten Sekadau itu.

Sapto juga menjelaskan bahwa kemampuan menganalisa materi yang disampaikan akan menambah wawasan pelajar.

“Kegiatan seperti ini diharapkan dapat terus berlanjut dalam mengembangkan intelejensi, yakni cerdas intelijensi, cerdas emosional dan cerdas dalam spiritual,” pinta Sapto.

Sementara itu, Ketua PC Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Sekadau Chairudin S.Kom, S.Pd dalam sambutannya, mengingatkan pelajar bahwa di era digital berdampak positif dan negatif kepada kaum muda.

“Kedepan, diharapkan kegiatan serupa dapat dilaksanakan di kecamatan lain,” katanya.

Cahirudin juga menegaskan agar pelajar dan generasi muda tidak mengikuti kegiatan-kegiatan yang bukan berasal dari bangsa dan budaya Indonesia.

Kegiatan seminar pelajar ini, mengangkat tema memperkokoh wawasan kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang diselengarakan oleh IPNU, IPPNU serta FPIP. Penyampaian materi seminar menurut pihak panitia, disampaikan oleh petugas Kesbangpol, Kepolisian, serta panitia kegiatan. (Tim)

Bagaimana Menurut Anda