Hadirkan Rasa Nyaman Bagi Siswa, TNI Benahi Lingkungan Sekolah

195

PALAS-SUMUT, BERITAANDA – Di sela aktivitas menuntaskan target kegiatan fisik, prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-105 Kodim 0212/TS selalu menyempatkan diri mengerjakan berbagai hal yang dipandang perlu perhatian serius bagi semua komponen masyarakat.

Peduli lingkungan sekolah adalah salah satunya. Tanpa harus menunggu arahan dari komandan, personel Satgas TMMD secara spontanitas menimbun halaman Sekolah Dasar (SD) Hutaraja Lamo, Kecamatan Sosa, Padang Lawas, yang terlihat selalu digenangi air setelah diguyur curah hujan.

“Inisiatif pasukan TMMD muncul tatkala mereka melihat kondisi lingkungan SD Hutaraja Lamo berbecek. Seketika itu prajurit melakukan penimbunan guna menghilangkan genangan air, sehingga anak-anak merasa nyaman bersekolah,” ungkap Dan SSK TMMD, Kodim 0212/TS, Lettu Inf. Edi Sahputra Ritonga.

Dikatakannya, aksi peduli lingkungan itu merupakan arahan Dansatgas TMMD ke-105 Kodim 0212/TS Letkol Inf. Akbar Nofrizal Yusananto yang senantiasa meminta sekaligus menekankan seluruh personel agar peka dan jeli menyikapi segala sesuatunya.

“Beliau selalu memberi arahan kepada prajurit agar peka dan sensitif terhadap kepentingan rakyat. Dan, sepanjang yang dilakukan itu bisa bermanfaat bagi masyarakat umum, maka sebuah keharusan bagi Satgas TMMD untuk segera melaksanakannya,” jelas Edi.

Tindakan yang diperbuat prajurit Satgas TMMD, kata dia, menimbun permukaan tanah rendah dan berbecek merupakan bentuk sekaligus wujud implementasi arahan Dandim. Bagaimana prajurit itu harus bersikap ketika berada di tengah komunitas masyarakat.

“Keberadaan prajurit TNI dimanapun itu berada harus mampu menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi lingkungan sekitarnya. Lingkungan sekolah sebagai wahana pencerdasan bagi anak bangsa juga tidak luput dari pengayoman TNI,” tutup Edi. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda