Puspaga Untuk Tingkatkan Keluarga Sejahtera

268

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Pemkab Tapsel melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) menggelar sosialisasi pusat pembelajaran keluarga (puspaga), di aula kantor Bappeda, Jalan Prof. Lafran Pane, Sipirok, Jumat (29/11/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Syahrul M. Pasaribu mengatakan, keluarga sejahtera merupakan keluarga harmonis yang ditandai dengan hubungan yang serasi antar seluruh anggota keluarga di dalam sebuah rumah tangga.

Puspaga, menurut dia, harus dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kemampuan dalam mengasuh dan melindungi anak, serta menjadi rujukan dalam pendidikan kesehatan bagi anak, guna menunjang tumbuh kembang anak secara optimal.

“Perhatian keluarga pada masa perkembangan anak menjadi faktor yang sangat penting, baik itu dari segi fisik, mental, maupun sosial anak,” tutur bupati sembari meyakinkan, tentunya sosialisasi ini memuat pentinya peran dan kesadaran bersama, khususnya para orang tua.

Dia pun berharap, puspaga harus jadi solusi dalam berbagai persoalan yang timbul di tengah masyarakat. Yang disebabkan karena pengasuhan atau perlakuan yang salah dalam keluarga, lingkungan rumah, sekolah, pergaulan dan pada lembaga pengasuhan alternatif.

Sementara Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tiorisma Damayanti menjelaskan, kegiatan bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang layanan puspaga, serta adanya komitmen bersama untuk melakukan upaya pencegahan kekerasan pada perempuan dan anak.

“Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini diikuti oleh 50 orang peserta. Terdiri dari OPD dan camat se-Kabupaten Tapsel, dengan narasumber Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak pada DP2PA Provinsi Sumatera Utara Dra. Marhamah, M.Si,” jelas Tiorisma. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda