Puluhan Warga Tugumulyo Diambil Sample Swab, Termasuk Salah Satu Mantan Petinggi di OKI

679

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Puluhan warga Tugumulyo Kecamatan Lempuing Kabupaten OKI Sumatera Selatan diambil sample swab. Hal ini dilakukan guna men-tracing contact erat dengan salah satu warga setempat yang telah dinyatakan positif Covid-19.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten OKI, Iwan Setiawan, SKM saat dikonfirmasi, membenarkan terkait pengambilan sample swab yang dilakukan pihaknya di Puskesmas Tugu Mulyo.

“Sebenarnya hari ini kita mengambil sebanyak 17 sample swab, tapi di lokasi ada penambahan sebanyak 3 orang, jadi total swab yang kita ambil sebanyak 20 orang, termasuk salah satu mantan petinggi di Kabupaten OKI,” terang Iwan.

Menurut Iwan, pengambilan swab ini merupakan tindaklanjut atau kontak tracing terhadap tuan M yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19.

“Ini merupakan tracing kontak erat dengan tuan M terhadap keluarga dan warga Tugumulyo yang sempat kontak dengan yang bersangkutan,” ucapnya.

Iwan menambahkan, tuan M merupakan salah satu pasien positif tanpa gejalah, sehingga bisa dikarantina atau dilakukan perawatan di rumah. “Pasien positif ini ada dua. Yang pertama positif dengan gejala itu wajib dirawat di rumah sakit. Kedua, positif tanpa gejalah bisa dirawat di rumah asalkan yang bersangkutan patuh, kalau tidak akan dijemput dan dirawat di rumah sakit,” ungkapnya.

Iwan menjelaskan, untuk tuan M saat ini sedang dikarantina secara mandiri di rumahnya. Tapi kami akan berupaya untuk merujuk yang bersangkutan ke rumah sakit. “Saat ini rumah sakit sudah penuh, makanya di karantina di rumah. Tapi masih kita upayakan untuk dirawat ke rumah sakit,” jelasnya.

Iwan juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga jarak, mencuci tangan di air mengalir, serta menggunakan masker ketika keluar rumah. Selain itu, Iwan juga meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang, penderita virus corona ini bukanlah aib, sehingga masyarakat tidak perlu berbuat yang macam-macam. Cukup hindari, jangan sampai melakukan kontak dengan yang bersangkutan.

“Tidak lupa juga kita mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari virus corona,” katanya.

Untuk diketahui, per hari ini tanggal 11 Mei, tidak ada penambahan pasien positif Covid-19 di Kabupaten OKI. “Mudah-mudahan situasi ini terus berlanjut, sehingga tidak ada lagi penambahan pasien,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda