Prajurit Brigif 4 Mar/BS Renang Malam di Pantai Marines Eco Park

275

PESAWARAN-LAMPUNG, BERITAANDA – Komandan Brigif 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Ahmad Fajar senantiasa mengingatkan para prajurit petarung Harimau Sumatera untuk senantiasa meningkatkan kemampuan perorangan dalam berbagai aspek, baik di darat maupun di laut, dalam rangka menghadapi segala medan tugas yang akan diemban nantinya.

Untuk mengasah kemampuan tempur tersebut, salah satunya adalah kemampuan tempur renang malam di Pantai Marines Eco Park Desa Sanggi Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran.

Dalam kesempatan tersebut, Wadan Brigif 4 Mar/BS Letkol Marinir Datuk Sinaga beserta Perwira Staf Brigif 4 Mar/BS ikut turun melaksanakan renang malam dengan jarak tempuh sejauh 2 Km, dan diikuti oleh 150 personel yang terbagi dari Yonif 7 Marinir dan Yonif 9 Brigif 4 Mar/BS.

Letkol Marinir Datuk Sinaga yang juga mantan Danyonif 9 Mar menyampaikan, kemampuan renang malam adalah wajib dimiliki oleh setiap prajurit Korps Marinir. Maka kegiatan ini selalu menjadi materi pokok dalam setiap kegiatan latihan di Brigif 4 Mar/BS sebagai prajurit pendarat.

“Para prajurit harus mampu melawan derasnya ombak dan gelapnya malam di tengah-tengah laut demi menguasai tumpuan pantai sebelum mendaratkan pasukan yang lebih besar. Kegiatan renang malam ini merupakan bagian dari materi latihan satuan lanjutan 1 triwulan II tahun 2019 yang digelar Brigif 4 Mar/BS,” kata dia.

Sebelum dilaksanakan renang malam, para prajurit Brigif 4 Mar/BS melaksanakan latihan patroli tempur dan latihan penguasaan medan yang sering disebut ilmu medan membaca peta.

Para prajurit menyusuri hutan dan pegunungan di sekitar Padang Cermin dengan hanya berbekal peta dan kompas untuk disesuaikan dengan medan yang ada, sehingga tempat atau tujuan yang dicari dapat ditemukan. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda