Polda Lampung Buka Penerimaan SIPSS, Ini Dia Persyaratannya

851

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Polda Lampung telah membuka penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) tahun anggaran 2020.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol. Zahwani Pandra Arsyad menyampaikan bahwa pendaftaran penerimaan SIPSS tahun anggaran 2020 di seluruh Indonesia secara serentak telah dibuka.

“Verifikasi berkas dimulai sejak 6 sampai 28 Januari 2020, bertempat di ruang Bagdal Pers Biro SDM Polda Lampung. Sementara bagi yang diterima, pendidikan akan dilaksanakan selama 6 bulan, dimulai sejak 3 Maret hingga 2 September 2020,” kata dia.

Terkait persyaratan SIPSS, Zahwani mengatakan ada 10 macam. Antrara lain Warga Negara Indonesia (WNI), pria dan wanita belum pernah menjadi anggota Polri, berijazah sesuai dengan formasi pendaftaran yaitu khusus untuk prodi kedokteran seperti dokter forensik dan klinis, menyertakan keterangan lulus dari kepala bagian program pendidikan dokter spesialis atau ijazah dokter spesialis.

Kemudian, dokter umum dan dokter gigi wajib mempunyai surat tanda selesai internsip (STSI) dan surat tanda registrasi (STR) definitif.

Khusus S-2 psikologi wajib mempunyai surat sertifikasi yang berisi ‘sebutan profesi psikolog’ yang diterbitkan oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), terakreditas A dan B dengan IPK minimal 2,75 lulusan perguruan tinggi negeri atau swasta. Bagi yang lulusan perguruan tinggi luar negeri melampirkan surat penyetaraan yang dikeluarkan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi.

“Umur pada saat pembukaan pendidikan pembentukan SIPSS tahun anggaran 2020, untuk S-2/S-2 profesi kedokteran maksimal 40 tahun. S-2/S-2 profesi dan S-1/S-2 berkompetensi tertentu maksimal 33 tahun, S-1 profesi maksimal 29 tahun, S-1/D-IV maksimal 26 tahun,” terangnya.

Selain itu, Kabid Humas menambahkan, tinggi badan 158 Cm untuk pria dan 155 Cm untuk wanita, belum pernah menikah dan sanggup untuk tidak menikah selama pendidikan pembentukan.

“Bersedia menjalani ikatan dinas (IDP) selama 10 tahun dan siap ditempatkan di seluruh wilayah NKRI,” pungkasnya. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda