KPU Beltim Launching Maskot dan Jingle Pilkada

373

BELTIM-BABEL, BERITAANDA – KPU Beltim launching maskot dan jingle pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) yang akan digelar pada tanggal 23 September tahun 2020 mendatang.

Peluncuran secara resmi maskot dan jingle tersebut ditandai dengan pengenalan maskot Sisemos serta memberikan penghargaan kepada para pemenang.

Maskot yang diberi nama Sisemos ini merupakan hewan yang indah, bulunya berwarna-warni, merupakan burung endemik asli Beltim yang hampir punah.

Sementara Sisemos juga merupakan singkatan dari Semproja Mencoblos. Semproja yang berarti sempur hujan darat dalam bahasa latin eurylaimus ochromalus. Dengan visual ceria mengandung kegembiraan menyambut pilkada dan makna ajakan, serta keramahan. Maskot ini mengenakan pakaian ciri khas Belitong yang identik dengan budaya melayu.

Ketua KPUD Beltim Rizal didampingi para komisioner mengatakan, pemilihan maskot dan jingle resmi pilkada Beltim dilakukan oleh tim penilai. Sementara KPU Beltim tidak ikut campur tangan dalam proses pemilihan.

“Proses pemilihan ada tim tersendiri, kita (KPU Beltim -red) tidak ikut campur dalam penilaian tersebut. Dengan keputusan dari tim penilai yang objektif. 3 pemenang yang terpilih memang sangat mendekati, sesuai dengan kriteria yang kami tetapkan, namun hanya satu yang diambil yaitu Sisemos,” ujar Rizal.

Lebih lanjut Rizal menjelaskan, maskot Sisemos digunakan sebagai salah satu sarana mengkomunikasikan demokrasi pilkada kepada masyarakat Beltim. Tangan kanan memegang surat suara dan tangan kiri memegang paku untuk mencoblos.

“Malam ini kita memperkenalkan keragaman hewani yang ada di Pulau Belitung, dan juga ikut melestarikan burung yang hampir terancam punah ini,” ungkap Rizal.

Untuk jingle, kata Rizal, seperti yang dalam lirik, merupakan ajakan kepada seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pilkada Bupati dan Wakil Bupati Beltim tahun 2020 ini.

“Jingle ini kita ingin mengajak seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Beltim untuk mensukseskan dan memilih bupati dan wakil bupati pada 23 September mendatang,” ujarnya.

Ikut mewarnai launching tersebut vokalis band Padi, Fadly, yang menjadi persembahan utama dalam acara itu. (Helmi)

Bagaimana Menurut Anda