PMU Kemitraan Sumsel Monitoring Sekaligus Pembinaan Terhadap Pokmas di DPG

389

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Agar pelaksanaan program kebun pangan mandiri (KPM) dan bantuan ekonomi produktif (BEP) bagi desa peduli gambut (DPG) yang telah memasuki tahap kedua, yakni penanaman dan produksi, dimulai 4 Februari hingga 10 Februari 2020 dapat berjalan sesuai diinginkan. Projek Management Unit (PMU) Kemitraan Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan monitoring serta evaluasi sekaligus pembinaan terhadap kelompok masyarakat (pokmas) di desa peduli gambut (DPG) yang kini tengah melaksanakan program tersebut.

“Desa Lebung Gajah Kecamatan Tulung Selapan, Desa Kuala Sungai Jeruju, Desa Sungai Lumpur, Desa Pelimbangan, Desa Talang Rimba dan Desa Ulak Kedondong Kecamatan Cengal OKI telah kita kunjungi,” ungkap Amir Faisal, Jumat (7/2/2020).

Koordinator PMU Kemitraan Sumsel ini juga mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk melihat perkembangan hasil bantuan yang diberikannya kepada DPG Kabupaten OKI sebagai upaya peningkatan ketahanan pangan, pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di desa – desa tersebut.

“Dalam pelaksanaannya, bantuan diberikan melalui program KPM dan BEP, digunakan antara lain pada bidang perkebunan, peternakan dan perikanan. Dari 6 desa kita kunjungi, semua desa sudah menunjukkan keberhasilannya,” tandas dia.

Ditambahkan Field Superfisor (FS) PMU Kemitraan Sumsel, Iswandi Gunata, hasilnya bisa terlihat dari makin berkembang atau bertambahnya kegiatan revitalisasi ekonomi masyarakat gambut. Dimana saat ini sudah ada kebun pangan mandiri dan produk unggulan desa miliki surat izin PIRT dari Dinkes OKI.

Sementara itu, Ilman Jaya selaku Ketua Pokmas Cipta Tani Mandiri Desa Kuala Sungai Jeruju, Cengal, mengucapkan terimakasih atas bantuan dari kemitraan yang telah memberikan kepada Desa Kuala Sungai Jeruju, sehingga menambah pendapatan masyarakat desanya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda