Pj. Bupati Sekadau Sampaikan Nota KUA-PPAS ke Legislatif

29
Penyerahan nota pengantar KUA-PPAS tahun 2021 Pemkab Sekadau. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Pj. Bupati Sekadau Sri Jumiadatin menyerahkan nota pengantar KUA-PPAS tahun 2021 kepada legislatif, Senin (12/10/2020) siang. Nota tersebut diterima oleh Radius Efendy selaku Ketua DPRD Sekadau.

“KUA dan PPAS didasarkan pada rencana kerja pemerintah daerah yang disampaikan kepada DPRD untuk dibahas sebagai rancangan APBD tahun anggaran 2021,” kata Sri dalam sambutannya.

Dijelaskan dia, penyusunan KUA-PPAS memperhatikan kondisi kesehatan, sosial dan ekonomi masyarakat yang masih berada dalam tekanan dan ketidakpastian yang tinggi akibat pandemi Covid-19.

“KUA-PPAS tahun 2021 menjadi kebijakan yang penting dalam proses akselerasi pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19, sekaligus menjadi momentum untuk melanjutkan dan memantapkan berbagai reformasi kebijakan pembangunan hasil kontestasi pilkada serentak tahun 2020 melalui RPJMD tahun 2021-2024,” kata dia.

“Kebijakan transfer ke daerah dan dana desa (PKDD) dari pemerintah pusat yang diarahkan pada peningkatan kualiti kontrol anggaran PKDD serta mendorong peningkatan peran pemerintah daerah dalam pemulihan pasca wabah corona,” papar Sri.

Sementara itu Ketua DPRD Sekadau Radius Efendy menjelaskan, berdasarkan peraturan pemerintah No. 12 Tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah, kepala daerah menyusun rancangan kebijakan umum anggaran dan rancangan plafon anggaran sementara berdasarkan rancangan pemerintah daerah dengan mengacu pada pedoman anggaran dan pendapatan belanja daerah.

“Rancangan yang dimaksud adalah kondisi ekonomi daerah, asusmsi penyusunan APBD, kebijakan pendapatan daerah, kebijakan belanja daerah, kebijakan asumsi pembiayaan daerah, serta strategi pencapaian,” ungkap Radius.

Dikatakan politisi PDIP itu, APBD disusun dengan tahapan menentukan kualitas pembangunan daerah, menentukan kualitas program dan kegiatan untuk masing-masing urusan. Kemudian, disinkronkan dengan kualitas dan program nasional yang tercantum dalam rancangan pemerintah daerah dalam setiap tahun.

Penyerahan nota pengantar KUA-PPAS tahun 2021 ini dilaksanakan dalam rapat paripuna terbuka DPRD Sekadau, dan dihadiri Wakil Ketua dan Anggota DPRD, Dandim 1204 SGU, serta perwakilan Polres Sekadau. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda