Pj. Bupati OKI Komandoi OPD Bantu Kebutuhan Gizi Anak Stunting

36

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA –  Pj. Bupati OKI Asmar Wijaya dan Ketua TP PKK OKI Sukmawati Asmar langsung bergerak bersama jajaran OPD untuk merealisasikan program BAAS (Bapak / Bunda Asuh Anak Stunting), guna menurunkan angka stunting di Kabupaten OKI.

Pada hari ini, Rabu (22/5/2024), Asmar kembali mengunjungi anak asuhnya dalam program BAAS di Desa Teloko dan Desa Celikah Kecamatan Kayuagung,

Di OKI, program BAAS sendiri menyasar 293 baduta yang berasal dari keluarga kurang mampu. Bantuan yang disalurkan berasal dari iuran pribadi secara sukarela pimpinan OPD dan swasta, untuk mencukupi kebutuhan makan bergizi.

Pada kunjungannya yang kedua kali, Asmar Wijaya dan Sukmawati Asmar memberikan bantuan berupa makanan bergizi selama 3 bulan kepada anak-anak yang menderita stunting.

Asmar mengatakan, kunjungan ini untuk memantau langsung perkembangan anak asuhnya dengan pemberian makanan bergizi, seperti susu, telur, roti dan makanan serta lainnya selama 3 bulan kedepan.

“Alhamdulillah, anak asuh stunting yang kita kunjungi hari ini banyak menunjukkan perkembangan yang baik. Kami ingin memastikan bahwa semua anak di Kabupaten OKI mendapatkan haknya untuk hidup sehat dan berkembang dengan baik, terutama anak yang menderita stunting,” ungkapnya.

Asmar juga ingin memastikan secara langsung kondisi kesehatan dan perkembangan 4 anak asuhnya yang rata-rata berusia 2-4 tahun, agar terus dalam keadaan sehat dan tercukupi gizinya.

“Tinggal kita pendampingan saja, nanti kalau ada kendala di Puskesmas atau di desa bisa segera dikoordinasikan,” lanjut dia.

Asmar mengatakan, intervensi langsung para pejabat dilingkungan Pemerintah OKI memberikan dampak signifikan terhadap perkembangan anak yang mengalami stunting.

“Semenjak deklarasi program Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting ini penurunannya sudah signifikan,” ujar dia.

Sementara itu, Murni, orang tua salah anak yang mengalami stunting di Desa Celikah mengatakan, anaknya yang berusia 2,3 tahun ini sejak mendapat program BAAS mulai menunjukan perkembangan yang baik.

“Perkembangannya setiap bulan sudah mau naik, kenaikannya kadang 2 sampai 3 ons untuk berat badannya, untuk tinggi badannya tetap naik 1 sampai 1,5 centimeter, tetap ada kemajuan,” ujar dia.

Murni pun merasa senang dengan adanya program BAAS yang bisa membantu anaknya, dan berharap perkembangan anaknya akan terus membaik.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati dan Ibu sudah memberikan bantuan untuk kami. Harapan saya agar anak kami bisa semakin sehat,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda