Pj Bupati Muara Enim Kukuhkan 43 Anggota FASS Periode 2022-2024

22

MUARA ENIM, BERITAANDA – Pelaksanaan peringatan Hari Anak Nasional ke-38 tingkat Kabupaten Muara Enim berlangsung meriah dengan dihadiri langsung Pj Bupati Kurniawan bersama ratusan anak-anak dan orangtua yang berlangsung di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS), Sabtu (10/9/2022).

Pada peringatan tersebut, Pj Bupati Muara Enim juga mengukuhkan Forum Anak Serasan Sekundang (FASS) periode 2022-2024, sebagai sarana menyalurkan aspirasi, suara, pendapat, keinginan dan kebutuhan anak.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Kurniawan mengatakan peringatan Hari Anak Nasional merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan ari kekerasan dan diskriminasi.

Dirinya menuturkan Kabupaten Muara Enim telah melakukan serangkaian upaya untuk pemenuhan hak dan perlindungan anak sebagaimana yang telah di tetapkan dalam program pengembangan Kabupaten Layak Anak (KLA).

“Alhamdulillahpada bulan Juli tahun 2022 kemarin Kabupaten Muara Enim berhasil mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan predikat Nindya, meningkat dari tahun sebelumnya dimana Kabupaten Muara Enim pada tahun 2021 mendapatkan penghargaan KLA predikat Madya,” tuturnya

Sementara dengan dikukuhkan kepengurusan Forum Anak Serasan Sekundang (FASS) periode 2022-2024, forum anak ini merupakan wadah partisipasi anak dimana anggotanya merupakan perwakilan dari kelompok anak atau kelompok kegiatan anak atau perseorangan, dikelola oleh anak dan dibina oleh pemerintah, sebagai sarana menyalurkan aspirasi, suara, pendapat, keinginan dan kebutuhan anak dalam proses pembangunan.

Kepada anak-anak yang hadir, Pj Bupati berpesan manfaatkanlah kesempatan dengan baik untuk melakukan hal-hal yang positif, belajar yang rajin, banyak membaca buku, rajin beribadah, hormat kepada orangtua, sayangi sesama teman dan teruslah berprestasi.

“Kemudian kepada seluruh orangtua dan keluarga jaga dan lindungi dalam menciptakan lingkungan mereka agar senantiasa merasa aman, nyaman dan bahagia. Selamat Hari Anak Nasional tahun 2022, anak terlindungi, Indonesia maju,” pungkasnya. (Angga)

Bagaimana Menurut Anda