Personel Polres OKI Bersama Pejabat Pemkab Bersih-bersih Sampah di Seputaran Pasar Kayuagung

333

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Mengambil tema ‘bersinergi membangun OKI lebih mandira dengan kelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai’. Digelar apel upacara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019, Jumat (22/2/2019) pagi.

Kegiatan yang dimulai sekira pukul 08.30 Wib di halaman depan samping sebelah kiri Pasar Shoping Center Kayuagung ini dihadiri segenap jajaran Pemkab OKI, Polres OKI, Kodim 0402/OKI, BUMN, BUMD dan kalangan dunia usaha di wilayah tersebut.

Dalam kesempatan ini, Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra bertindak sebagai inspektur upacara. Sementara Paur Subbag Humas Polres OKI IPDA Suhendri sebagai komandan apel pada upacara peringatan HPSN tahun 2019 tersebut.

Dihadapan para peserta, Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel Polri, TNI dan stakeholder terkait lainnya serta kelompok yang tergabung dalam masyarakat peduli sampah karena telah dapat hadir di lokasi tersebut.

“Apel peringatan HPSN tahun 2019 ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, baik yang diselenggarakan pemerintah daerah (pemda) maupun instansi yang ada di seluruh Provinsi Sumatera Selatan, salah satunya Kabupaten OKI,” kata Kapolres.

Tepat pada tanggal 21 Februari telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai hari peduli sampah nasional, katanya, hal tersebut dilatarbelakangi karena banyaknya bencana alam yang terjadi sebagian wilayah Indonesia. Seperti bencana banjir dan pencemaran lingkungan hidup.

“Bencana itu disebabkan oleh human error, dimana masyarakat masih kurang atau rendahnya tingkat kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, yaitu adanya kebiasaan membuang sampah organik maupun non organik secara sembarangan,” ungkapnya.

Lanjutnya, perilaku ini merupakan kesalahan memiliki dampak atau resiko besar terhadap lingkungan seperti penyumbatan aliran air yang dapat menyebabkan banjir. Oleh sebab itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk dapat menjadi motivator atau penggerak agar lebih peduli terhadap lingkungan.

“Selain itu, saya juga ingin menyampaikan bahwa permasalahan sampah bukan menjadi tanggung jawab pemerintah semata, akan tetapi merupakan tanggung jawab kita bersama. Jangan ragu-ragu menegur masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya,” imbaunya.

Sebab, tambahnya, pemerintah daerah telah memberikan atau menyediakan beberapa fasilitas di tempat publik, seperti bak atau tong sampah, serta lokasi tempat penampungan sementara maupun pembuangan akhir sampah rumah tangga.

“Melalui momen peringatan HPSN 2019. Sekali lagi saya mengajak dan menghimbau kepada seluruh masyarakat membangkitkan optimisme dan kesadaran serta bekerjasama mengelola sampah dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga budaya bersih dan hidup sehat dapat terwujud,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, usai apel upacara peringatan HPSN 2019, Kapolres OKI bersama Kepala Dinas Perdagangan OKI, Asisten I dan II Setda OKI serta Kepala OPD dan Kabag di ruang lingkup Pemkab OKI memunguti sampah yang berserakan di ruas jalan Pasar Kayuagung. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda