Pendaftaran dan Pilkati Serentak Tubaba 2021 Ditunda

108

TUBABA-LAMPUNG, BERITAANDA – Pendaftaran dan pemilihan calon kepalo tiyuh [pilkati] serentak yang akan diikuti oleh 69 calon kepalo tiyuh dari 9 kecamatan dalam Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) tahun 2021 ditunda.

Jadwal pendaftaran calon kepala tiyuh yang sebelumnya telah ditetapkan pada 12 Juli 2021 ditunda ataupun berubah. Hal tersebut karena adanya beberapa kendala seperti kondisi yang tidak memungkinkan, khususnya di masa pandemi.

“Sementara, jadwal pelaksanaan pilkati semula pada tanggal 26 Oktober 2021, namun karena adanya perubahan maka ditunda hingga tanggal 25 Desember 2021 mendatang,” kata Sofian Nur selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh (DPMT) Tubaba saat menggelar bimbingan teknis (bimtek) panitia pemilihan kepala tiyuh tahun 2021 yang berlangsung di Balai Tiyuh Kagungan, Senin (12/7).

Beliau menjelaskan, digelarnya bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman untuk panitia, mulai dari penerapan prokes pada setiap tahapan pemilihan, pendataan pemilih, penyusunan dan penetapan DPS dan DPT, pengumuman, pendaftaran, penjaringan, penyaringan dan penetapan calon kepalo tiyuh. Lau kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara dan penetapan calon terpilih serta proses penyelesaian maslah yang timbul pada saat pelaksanaan tahapan pilkati.

“Dalam tahapan pilkati yang akan kita laksanakan, pastinya tetap melihat perkembangan apakah zona kita sudah aman atau tidak. Karena kita terus berkoordinasi dengan pihak Satgas Covid-19 Tubaba,” paparnya.

Kemudian ditegaskan dia, tidak menutup kemungkinan apabila adanya perubahan kami akan  melakukan pemantauan sambil melihat situasi dan kondisi.

“Itupun kita akan terus melakukan pemantauan disesuaikan dengan situasi. Saat ini di kabupaten lain seperti Pesawaran, sudah melakukan penundaan. Kita pun tetap terus melakukan pemantauan. Jika memang tidak memungkinkan, maka bisa jadi ditunda,” ujarnya lagi.

Lebih lanjut dirinya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Tubaba mengucapkan terima kasih kepada semua peserta pemilihan kepalo tiyuh (pilkati). Sebelumnya kami mengimbau kepada kita semua agar tetap mematuhi protokol kesehatan, karena itu demi keselamatan kita bersama, mengingat saat ini pandemi di wilayah Tubaba masih mewabah,” pungkasnya. (Remi)

Bagaimana Menurut Anda