Pencanangan Vaksin Libatkan Pejabat Publik dan Tokoh Masyarakat

14

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – sebanyak 1.960 dosis vaksin untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19 akan didatangkan ke Kabupaten Sekadau Provinsi Kalimantan Barat [Kalbar]. ProsesĀ  pendistribusian akan dilaksanakan pada bulan Februari mendatang.

“Untuk pertama, diprioritaskan tenaga kesehatan yang bejumlah 951 petugas,” kata Henry Alfius selaku Plt. Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sekadau dalam rakor distribusi vaksin Covid-19 Kabupaten Sekadau, Senin [18/1].

Pelaksanaannya, kata dia, setelah distribusi vaksin dari provinsi ke kabupaten harus ada pencanangan dan wajib dilaksanakan serta dilaporkan ke pemerintah pusat.

Pencanangan dilaksanakan dengan melibatkan setidaknya 10 pejabat publik, termasuk forkompinda dan tokoh masyarakat. “Setelah pencanangan, baru vaksin ke tenaga kesehatan,” tukasnya.

Terkait proses distribusi, Henry menekankan perhatian pada standar operasional prosedur (SOP) distribusi vaksin sampai ke tempat tujuan, terutama pengawalan oleh TNI dan Polri serta instansi terkait.

Secara teori, dijelaskan Henry, alur distribusi dari provinsi ke kabupaten paling lambat 3 hari, setelah didistribusikan harus sudah ke kecamatan, dan dalam waktu kurang dari 8 jam selama proses perjalanan.

“Kita sudah survei, yang menjadi tantangan distribusi ke Kecamatan Belitang Hulu dan SP 3 Seberang Kecamatan Sekadau Hilir, karena jalannya rusak parah,” timpal Henry. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda