Konfirmasi Positif Corona di Sekadau Disebabkan Klaster Perjalanan

22

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Plt. Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk (PP) dan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Sekadau, Henry Alfius, mengungkapkan bahwa sampai dengan saat ini pihaknya sudah mendata sebanyak 21 warga Sekadau terkonfirmasi Covid-19, dari jumlah tersebut terdapat juga tenaga kesehatan.

“Sedang dirawat di RSUD Sekadau sebanyak 2 kasus, di rumah singgah 7 orang,” tukas Henry dalam rakor distribusi vaksin Covid-19, di aula kantor bupati setempat, Senin (18/1) siang.

Pasien terkonfirmasi positif ini juga terdapat di beberapa kecamatan yang menjalani isolasi mandiri. Selain itu, satu pasien lainnya menjalani perawatan di RSUD Sintang.

Hasil tracing Dinkes, kata dia, didapati pasien terkonfirmasi corona disebabkan perjalanan pasca libur panjang Natal dan tahun baru.

Henry meminta adanya pemantauan kepada orang-orang yang telah melakukan perjalanan tersebut.

“Satgas Covid-19 di tingkat kecamatan dan kabupaten diminta untuk mendata orang yang melakukan perjalanan. Klaster yang muncul saat ini secara umum disebabkan perjalanan keluar kota atau keluar Kalbar,” terang Henry.

Selain itu, Henry juga mengungkapkan bahwa berdasarkan laporan Satgas Nasional, penerapan protokol kesehatan di Kabupaten Sekadau masuk dalam kategori zona merah.

“Perlunya peningkatan protokol kesehatan di masyarakat, setidaknya mampu mencapai zona kuning,” sambung Henry. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda