Pemkab OKI Gandeng Gen Z Untuk Berantas Stunting

119

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Upaya pencegahan kasus stunting dari hulu terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) demi terus menurunkan angka prevalensi kasus stunting.

Karena hal itulah, Pemkab OKI melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) terus melakukan inovasi dengan menggelar pemilihan Duta Canting Kencana (Cegah Stunting dan Tingkatkan Kualitas Keluarga dengan Terencana) guna membentuk kader-kader generasi muda di OKI dalam rangka mensosialisasikan program-program bangga kencana yang digagas oleh pemerintah.

“Pemilihan Duta Canting Kencana ini dimaksudkan untuk membentuk kader-kader remaja di tingkat sekolah sebagai agen penyebar informasi dan edukasi penyuluh kesehatan, baik itu di tingkat keluarga, lingkungan masyarakat, dan juga di sekolah mengenai program Bangga Kencana,” ujar Bupati OKI melalui Kepala DPPKB HM. Lubis SKM M.Kes saat membuka secara resmi acara tersebut di Hotel Cipta Kayuagung, Senin (2/10/2023).

Lebih lanjut Lubis mengatakan, bahwa para peserta pemilihan Duta Canting Kencana ini selain akan dibekali mengenai materi-materi pencegahan stunting, juga akan dibekali materi kesehatan yang akan disampaikan oleh para narasumber yang berkompeten di bidangnya.

“Jadi diharapkan setelah selesainya acara ini, adik-adik peserta akan memiliki bekal ilmu yang cukup untuk menjadi motor penggerak penyuluh kesehatan dilingkungannya masing-masing,” ujar Lubis.

Dalam acara yang digelar mulai tanggal 2 hingga 5 Oktober 2023 mendatang ini diikuti oleh perwakilan siswa-siswi sekolah tingkat SLTA sederajat yang ada di seluruh Kecamatan dalam Kabupaten OKI, dan acara puncak akan diselenggarakan di Gedung Kesenian Kayuagung pada 5 Oktober 2023 mendatang.

“Saya berpesan kepada para peserta agar mengikuti acara ini dengan sebaik-baiknya, seraplah ilmu sebanyak-banyaknya, jadilah generasi yang bermanfaat dan berprestasi sebagai penerus estafet pembangunan bangsa di masa yang akan datang,” pungkas Lubis. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda