Pembukaan MTQ Kalbar di Sekadau Buat Warga Kecewa

177

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVIII Kalbar di Kabupaten Sekadau dibuka Rabu (16/9/2020) malam. Meski demikian, ribuan masyarakat yang datang ke lokasi kegiatan tersebut justru berbalik arah pulang dengan rasa kecewa.

Pasalnya, selain dibatasi dengan pagar besi tempat warga menyaksikan kegiatan tersebut, pandangan ke arah panggung utama juga terhalang oleh tenda tamu undangan. Hanya suara dari atas panggung melalui pengeras suara yang dapat didengar dari arah penonton.

Bentuk tenda yang disiapkan panitia menyerupai huruf U dan di bagian depan menghadap ke panggung utama. Sedangkan di bagian dalam, di kiri dan kanan panggung terpasang dua buah slide video live kegiatan yang mengarah pada tamu undangan serta pejabat provinsi dan daerah.

“Kami datang mau menyaksikan pembukaan MTQ, tapi tidak bisa melihat apa-apa di panggung utama, kami kecewa,” ujar Iki, salah satu warga Sekadau yang datang ke lokasi MTQ di komplek GOR Mungguk Ransa.

Pantauan media ini, masyarakat yang semula berdatangan ke tempat kegiatan, setelah melihat situasi yang tidak memungkinkan untuk menyaksikan langung ke arah panggung, berbalik arah pulang. Secara umum, warga yang datang ke lokasi kegiatan mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, baik yang dewasa maupun anak-anak. Beberapa warga dari luar Kecamatan Sekadau Hilir yang ingin menyaksikan kegiatan, juga mengungkapan kekecewaannya.

“Apa yang mau dilihat, kalau ada layar di luar sini, masih bisa nonton di layar. Ini hanya dengar suara dari dalam, bagus pulang saja,” tukas Agus, warga Kecamatan Sekadau Hulu di lokasi kegiatan.

Agus datang ke lokasi bersama anak dan istrinya dengan tujuan menyaksikan pembukaan MTQ yang sudah di dengung – dengungkan oleh panitia sejak beberapa bulan lalu. Namun dengan kondisi tersebut, ia dan keluarganya harus menelan rasa kecewa tidak dapat menyaksikan secara utuh kegiatan di panggung utama.

Pembukaan MTQ ini juga disiarkan melalui live streaming Youtube (https://youtu.be/ZIXzl3gQiTo). Meski demikian, tentu hanya bisa disaksikan oleh warga yang memiliki handphone android.

“Harus ada kuota internet juga, kalau kami di kampung sinyal saja susah, bagaimana mau buka YouTube,” tukas Agus.

MTQ XXVIII Kalbar ini dilaksanakan di komplek GOR Mungguk Ransa Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau, dan akan ditutup pada 21 September mendatang. (Tim)

Bagaimana Menurut Anda