Pelayanan Publik Jadi Fokus Utama Camat Lempuing Jaya

612

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Jika pada acara serupa yang telah digelar sebelumnya di 17 kecamatan, nyaris tak ada sama sekali para Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ogan Komering Ilir (OKI) bersedia hadir. Hal ini berbeda dengan acara musrenbang tingkat Kecamatan Lempuing Jaya OKI, Selasa (28/1/2020).

Terbukti, pada kegiatan tahunan yang digelar di aula rapat kantor Camat Lempuing Jaya, selain para kepala desa, unsur pemerintah kecamatan, camat dan pihak Bappeda OKI, juga tampak hadir 4 orang anggota dewan dari dapil tersebut, antara lain Made Indrawan, Reka Oktarina, Dodi Primadona, Maryani dan RA Lutfiyatunnada Purwaningrum.

Camat Lempuing Jaya, Hendra dalam kesempatan itu mengatakan, pelayanan publik menjadi fokus kita bersama guna mendorong pelayanan pemerintah yang modern dan berkelanjutan, khususnya di tingkat kecamatan dan desa di Lempuing Jaya ini.

“Fokus layanan publik di Lempuing Jaya, antara lain di bidang perbaikan infastruktur jalan poros, jembatan penghubung desa, maupun pendidikan dan kesehatan. Daftar usulan pembangunan di Lempuing Jaya akan diintegritasikan dengan prioritas pembangunan Kabupaten OKI,” kata dia.

Sementara Kepala Bappeda OKI Makruf CM melalui Kabid Sosbud, Ismail mengatakan, tujuan dari kegiatan ini tak lain agar usulan didapat merupakan program prioritas kebutuhan masyarakat. “Yang nantinya akan disinkronkan serta diintegrasikan dengan program OPD dan pokok – pokok pikiran anggota DPRD Ogan Komering Ilir (OKI) di forum musrenbang RKPD kabupaten yang akan datang,” ungkap dia.

Anggota DPRD OKI, Made Indrawan menambahkan, pembangunan infrastruktur baik jalan dan jembatan serta perbaikan infrastruktur di Lempuing menjadi skala prioritas, oleh karena itu mari sama – sama berjuang untuk mewujudkannya.

“Seperti infrastruktur jalan dari Lubuk Seberuk sampai pedalaman Desa Rantau Durian dan Tanjung Sari. Terlebih lagi diketahui bahwa tahun 2020 ini akses jalan tol akan melalui Lubuk Seberuk sampai Mesuji Raya,” kata dia.

Disamping itu, tambah dia, pemekaran kecamatan di wilayah Lempuing dan Mesuji serta di sekitar menjadi penting untuk percepatan pembangunan. Oleh karenanya, pemekaran kecamatan akan kita usulkan.

Disisi lain, Kepala Desa SP 5 A Tania Makmur menyampaikan tentang sering terjadinya tindak pidana jalanan (begal) dan lainnya yang sempat meresahkan masyarakat, sehingga berharap agar dibangun pospol.

Hal ini pun langsung direspon anggota DPRD OKI, Reka Oktarina, yang mengatakan agar para kades membentuk panitia pembentukan pospol baru simpang Rantau Durian dan menghibahkan tanah serta bangunan.

“Kami seluruh anggota DPRD OKI dari dapil 5 siap membantu biaya sebagai awal pembangunan, dan apabila ada kekurangan akan kita carikan solusi, baik melalui CSR perusahaan sekitar ataupun dana swadaya masyarakat,” tandas dia.

Namun, lanjut dia, sebelum merencanakan pembangunan agar berkonsultasi dengan pihak kepolisian tentang pengajuan personel yang akan menempati pospol, sehingga apabila pembangunan sudah siap dan dihibahkan ke pihak kepolisian, personel pun sudah siap kerja. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda