PDIP Sidimpuan Siap Bersinergi Lanjutkan Kepemimpinan Irsan

105
Ketua Tim Penjaringan Balon Walikota dan Wakil Walikota DPC PDIP Padangsidimpuan Tigor Parulian Siregar menyerahkan formulir kepada Tim Utusan Partai Golkar untuk dan atas nama Irsan Efendi Nasution.

PADANGSIDIMPUAN, BERITAANDA – DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan  (PDIP) Kota Padangsidimpuan menyebut siap bersinergi untuk Irsan Efendi Nasution melanjutkan kepemimpinan di daerah itu.

“Kondusifitas di Padangsidimpuan ketika dipimpin Pak Irsan sangat terjaga dengan baik,” kata Ketua Penjaringan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota DPC PDIP Padangsidimpuan, Tigor Parulian Siregar.

Penilaian itu, disampaikan Tigor, pada saat menyambut kedatangan tim utusan Partai Golkar Padangsidimpuan untuk mengambil formulir bakal calon walikota ke kantor DPC PDIP, Jalan Kenanga, Rabu (8/5/2024).

“Kedatangan rekan-rekan dari Partai Golkar mengambil formulir untuk Pak Irsan Efendi Nasution sebagai bakal calon Walikota Padangsidimpuan ke kantor DPC PDIP, ini merupakan kebanggaan tersendiri,” ujarnya.

Meski sebagai partai pemenang pada Pileg tahun ini dan bisa mengusung kandidatnya sendiri di Pilkada 2024, namun Golkar tidak jumawa dan tetap berharap DPC PDIP ikut serta dalam memenangkan Irsan.

“Dan memang, dari pengamatan DPC PDIP sejauh ini, Pak Irsan ini masih sangat layak diperjuangkan demi Padangsidimpuan yang lebih baik dan lebih maju lagi. Sepanjang itu untuk kebaikan, kami siap dukung,” nilainya.

Sekretaris Penjaringan Balon Walikota dan Wakil Walikota DPC PDIP Padangsidimpuan, Charles Kulon Panjaitan mengungkapkan, Irsan menjadi kandidat ketiga yang datang untuk mengambil formulir balon walikota.

“Setelah nanti semua kandidat kembalikan formulir, kita di DPC akan mengecek apakah seluruh persyaratan sudah terpenuhi. Lalu, akan diverifikasi di tingkat DPD PDIP Sumut dan diserahkan ke DPP di Jakarta,” jelasnya.

Kendati yang mengeluarkan rekomendasi siapa sosok yang akan diusung oleh PDIP nantinya adalah tingkat pusat. Namun poin beratnya, sebut Charles, tetap menimbang masukan dan saran PDIP di tingkat daerah.

“Karena sesungguhnya, yang paling paham dan mengetahui betul yang mana kandidat yang benar-benar dibutuhkan dan potensial memenangkan kontestasi Pilkada nantinya adalah kita di tingkat daerah,” ungkapnya.

Charles lantas mengungkapkan harapannya agar kerja sama, kolaborasi dan sinergitas di antara Partai Golkar dan PDIP Perjuangan di Kota Padangsidimpuan dapat ditingkatkan.

“Mudah-mudahan pertemuan ini membawa anugerah besar kepada kita semuanya. Dan wacana kerja sama ini dapat berkelanjutan,” harap Charles yang juga diamini oleh Wakil Ketua Penjaringan Ali Hotma Tua Hasibuan.

Sementara itu, Sekretaris DPC Partai Golkar Kota Padangsidimpuan Urwatul Hannan Harahap, selaku pimpinan tim pengambilan formulir balon walikota ke sejumlah partai politik lain atas nama Irsan, berterima kasih atas sambutan hangat para pengurus PDIP.

“Terimakasih atas sambutan teman-teman pengurus PDIP kepada kami yang datang untuk bersilaturahmi sekaligus mengambil formulir balon kepala daerah dari PDIP bagi Pak Irsan, ketua kami di DPC Partai Golkar Kota Padangsidimpuan,” ungkap Hannan.

Sebelum mengambil formulir untuk Irsan Efendi Nasution sebagai balon Walikota Padangsidimpuan, Partai Golkar menyampaikan keinginannya bersinergi dengan PDIP dalam upaya memajukan Kota Padangsidimpuan melalui suksesi Pilkada 2024.

Kedatangan Golkar menyambangi kantor PDIP ini juga, menurut Hannan, serta merta untuk memperlihatkan kepada masyarakat bahwa atmosfer menyongsong Pilkada 2024 di Sidimpuan tidaklah sepanas yang dikira.

“Bahkan sejatinya dan kami menyadari, PDI Perjuangan merupakan rekan lama di partai politik. Sejarah panjang yang dilalui kedua partai ini telah mewarnai dinamika politik di Kota Padangsidimpuan selama ini,” ujarnya.

Harapannya ke depan, ungkap Hannan, apa yang menjadi pemikiran Partai Golkar nanti bisa diramu dengan pemikiran PDIP dalam menghadapi tantangan kontestasi Pilkada 2024, serta upaya memajukan Sidimpuan.

Hannan kemudian merinci, sebelum PDIP, Partai Golkar sebelumnya juga telah ambil formulir untuk dan atas nama Irsan Efendi Nasution sebagai calon kontestan Pilkada ke sejumlah partai politik (parpol) lainnya.

“Ada tiga parpol yang sudah kita ambil dan kembalikan formulirnya. Yaitu PKS, PAN, PKB. Sedangkan yang baru sebatas ambil formulir adalah Nasdem, Hanura, Demokrat dan hari ini PDI Perjuangan,” urai Hannan.

Ia menambahkan, sebelumnya Irsan sangat berkeinginan datang langsung mengambil formulir ke kantor PDIP Padangsidimpuan. Tetapi karena sedang ada kegiatan dengan DPD Partai Golkar Sumut, tidak bisa hadir.

“Namun, insha Allah jika tidak ada halangan nantinya pada saat pengembalian formulir ketua kami Pak Irsan Efendi Nasution akan mengantarkan secara langsung ke kantor DPC PDIP Padangsidimpuan,” ujar Hannan. [Anwar]

Bagaimana Menurut Anda