Owner ‘Buntut Sunda Kang Ali’ Percaya Bisnis Kuliner Akan Tetap Dicari

11

PALEMBANG, BERITAANDA – Pandemi Covid-19 membuat pengusaha kreatif agar tetap bisa bertahan, salah satunya dengan membuka usaha di tempat baru yang lebih strategis. Seperti yang dilakukan Endang Wasiati Wierono, owner Buntut Sunda Kang Ali.

Saat pandemi ini dia mengakui omset turun karena sebelumnya ada PSBB dan juga daya beli masyarakat turun, sehingga permintaan kuliner juga turun. Meski begitu, dia optimis bisnis akan tetap berjalan dan new normal orang-orang mulai kembali beraktivitas di luar rumah, karena tidak mungkin selamanya akan berdiam diri di rumah saja.

“Kuliner adalah kebutuhan utama dan pasti selalu dicari, jadi tidak mungkin tidak laku, jadi harus tetap optimis berusaha dan menjaga kualitas,” ujar Endang ditemui di restonya, di Palembang Indah Mall (PIM), Rabu (30/9/2020).

Menurutnya, berbisnis itu langsung action jangan banyak pikir dan jangan mudah menyerah. Jangan berpikir usaha atau kuliner ruang dijualnya bakal laku atau tidak. Hilangkan semua keraguan itu dan percaya diri bahwa bisnis yang digeluti akan sukses.

Selain itu, Endang juga mengatakan, jangan panik dan paranoid adalah kunci utama yang harus dilakukan saat ini.

“Oleh sebab itu, pola pikir atau mindset harus diatur, jangan sampai panik dan tetap berpikir waras, karena sebagai owner harus tetap mampu berpikir jernih agar bisa memimpin staf dan lainnya. Kalau owner saja panik dan tidak bisa mengendalikan diri, bagaimana bisa mengendalikan bisnis di saat sulit seperti ini,” kata dia.

Endang mengatakan, menjaga kesehatan saat ini tidak kalah penting. “Oleh sebab itu, kesehatan juga aset utama yang harus diutamakan agar semua karyawan sehat, sehingga bisnis bisa tetap berjalan seperti biasanya. Sebab jika karyawan sakit maka bisnis tidak akan berjalan,” jelas dia.

Buntut Sunda Kang Ali Cabang ketiga di PIM ini juga menghadirkan menu yang sama dengan dua cabang lainnya di Sudirman dan Celentang, dengan menu andalan sop buntut. Bedanya, resto di PIM tidak menyediakan minuman, hanya menjual makanan saja. Berbeda dengan dua resto lainnya yang menyediakan makanan dan juga minuman. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda